• KANAL BERITA

Sedekah Laut Juwana, Tradisi Lima Desa Nelayan di Pati

foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

PATI, suaramerdeka.com - Bertempat di dermaga samping rumah Hj Silah Desa Bendar Rt 02 Rw 04 Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, telah dilaksanakan Prosesi Ritual Larung Sesaji Sedekah laut Juwana Tahun 2019, Minggu (16/6)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Pati, H Haryanto SH MM MSi, Dandim 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan SSos, Kapolres Pati, AKBP Jon Wesley Aryanto SIK, Wakil Bupati Pati, H Saiful Arifin, Anggota DPRD Pati, H Jamari SH, Kepala Syah Bandar Juwana, Ir Dedi Junaidi, Camat Juwana, Drs Sugiyono MM, Danramil 02 Juwana, Kapten Inf Sriyanto, Kapolsek Juwana, AKP Eko Pujiyono, Kades Bendar, Trimulyo.

Ketua Panitia Sedekah Laut Desa Bendar, H Rasmijan mengatakan, rangkaian acara prosesi Larung Sesaji sedekah laut Juwana dimulai dengan kirab budaya dengan Start Lapangan Kendali Sodo Desa Bendar. Kirab ini diikuti dari berbagai daerah dengan menampilkan miniatur kapal dan Sesaji yang akan dilarung, rombongan Seni Barong. Marching Band dari SDN Bendar, Grub Aerobics Hok'a Hok'e oleh Ibu-ibu Desa Bendar, Grub Sehat Ceria oleh Ibu-ibu  Desa Bendar serta berbagai elemen masyarakat untuk menyemarakkan acara ini.

"Kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh Lima Desa Nelayan di wilayah Kec. Juwana yakni Desa Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo, Trimulyo," kata Rasmijan.

Bupati Pati, H Haryanto SH MM MSi, yang turut hadir dalam acara mengatakan Kita orang Jawa tidak dapat meninggalkan adat serta budaya Jawa, di antaranya Larung sesaji. Perkembangan Nelayan baik di Desa Bendar dan Bajomulyo sangat luar biasa tidak hanya 100 persen,  melainkan bisa 200 persen dengan ekonomi saat ini.

"Untuk itu kita wajib bersyukur kehadirat Tuhan YME atas segala rahmatNya dan yang penting kita juga harus menjaga ekosistem laut untuk masa depan anak dan cucu kita," ungkap Haryanto

Sementara Komandan Kodim 0718/Pati, Letkol Arm Arief Darmawan SSos, yang hadir mendampingi Bupati turut antusias mengikuti rangkaian acara ini.

"Kegiatan Sedekah Laut ini merupakan bentuk syukur dan tujuan larung sesaji agar Allah SWT memberikan keselamatan, rezeki yang berlimpah serta di berikan kemudahan," ujar Arief.

Puncak acara larung sesaji ini adalah penyerahan sesaji dari lima Kades kepada Bupati Pati dan dilanjutkan dengan penyerahan sesaji kepada Panitia untuk dilarung ke Laut dengan menggunakan dua buah kapal tambang yang telah disiapkan oleh panitia dengan pengawalan dari Personel Syah Bandar, Kamla, Koramil 02/Juwana, Polsek Juwana, serta Sat Pol Airud Polres Pati.

Juwana memang dikenal sebagai kota nelayan dan kota pelabuhan dengan letak geografisnya yang berada di pinggir laut Jawa. Juwana juga salah satu pelabuhan nelayan yang ada di wilayah Pati yang sangat besar dalam menyumbang perekonomian warga Pati.


(Red/CN40/SM Network)