• KANAL BERITA

Bupati Klaten Tagih Gubernur Jateng Menata Rawa Jombor

Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan para pejabat melepaskan bebek yang diperebutkan peserta di Rawa Jombor.(suaramerdeka.com/Merawati Sunantri)
Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan para pejabat melepaskan bebek yang diperebutkan peserta di Rawa Jombor.(suaramerdeka.com/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka.com – Bupati Klaten, Sri Mulyani, dalam beberapa kesempatan menagih janji Gubernur  Jateng, Ganjar Pranowo untuk memberikan pemihakan bagi penataan dan pengembangan kawasan wisata air tersebut.

Dikatakan, saat ini Pemkab Klaten fokus untuk menata dan mengembangkan kawasan Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Kawasan tersebut akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Klaten.

‘’Penataan Rawa Jombor sudah dimulai, termasuk pembersihan rawa dari eceng gondok. Diharapkan nantinya, kawasan Rawa Jombor akan menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Klaten, terutama masyarakat di sekitar rawa,’’ ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Kawasan rawa itu berada di lahan milik Pemprov Jateng, sehingga pengembangan area itu harus berkoordinasi dengan Pemprov Jateng dengan melibatkan masyarakat setempat.

Pembersihan rawa dilakukan dengan melibatkan warga setempat, sukarelawan, TNI/Polri, PNS (ASN), komunitas peduli sungai dan instansi terkait, termasuk Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang mengerahkan dua unit alat berat.

Dikatakan, saat ini, kondisi rawa sudah jauh lebih baik dan tidak dipenuhi eceng gondok. ‘’Kami akan melakukan penataan keramba ikan sesuai zona dan merelokasi warung apung  ke darat. Nantinya akan ditempat di rumah panggung yang ditata agar tetap menarik bagi pengunjung,’’ ujar Sri Mulyani.

Baru-baru ini, bupati antusias membuka festival getek di Rawa Jombor. Event itu merupakan bagian dari pekan Syawalan Rawa Jombor yang puncaknya tradisi arak-arakan gunungan ketupat yang diperebutkan oleh pengunjung.

Upaya membangkitkan wisata di Rawa Jombor itu juga dimeriahkan rebutan bebek yang dilepaskan Bupati Sri Mulyani, Sekda Jaka Sawaldi, Kepala Disparbudpora Pantor, Asisten I Ronny Roekmito dan pejabat lainnya.

Peserta berenang di rawa dan beradu cepat menangkap bebek. Suasana begitu meriah penuh gelak tawa dari peserta. Penonton juga riuh bertepuk tangan dan berteriak memberikan semangat. ‘’Lomba getek dan rebutan bebek bisa diselenggarakan dengan baik, bila lingkungan dan air rawa terjaga,’’ ujar Arif Fuad Hidayah, salah satu aktivis peduli air.

Event-event yang diselenggarakan tersebut bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Rawa Jombor. Ke depan akan terus dilakukan penataan dan pengembangan, agar kawasan itu benar-benar menjadi wisata unggulan Kabupaten Klaten.


(Merawati Sunantri/CN40/SM Network)

Loading...
Komentar