• KANAL BERITA

Dua Pasang Suami-Istri Berebut Kursi Kades

Slamet Becco (kiri) bersaing dengan istri Kori'ah (kanan) di Pilkades Ciputih, Kecamatan Salem, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
Slamet Becco (kiri) bersaing dengan istri Kori'ah (kanan) di Pilkades Ciputih, Kecamatan Salem, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BREBES, suaramerdeka.com – Dua pasangan suami-istri bersaing berebut kursi kepala desa pada pilkades serentak tahap I tahun 2019 yang digelar di 148 desa Kabupaten Brebes, Minggu (16/6). Yang menarik, dua desa di Kecamatan Salem, diikuti pasangan suami istri, yakni di Desa Ciputih dan Winduasri.

Di Desa Ciputih, pasangan Slamet Becco dan Kori'ah berebut orang nomor satu di desa itu. Begitu pun dengan calon kades di Desa Windusari pasangan pasangan Nurudin dan Turyati. Namun, pilkades di kedua desa itu masing-masing dimenangkan suami, baik di Ciputih maupun Windusari.

Di Ciputih, calon kades nomor urut I, Slamet Becco, yang merupakan petahana bersaing dengan istri Kori'ah, calon kades nomor urut 2. Persaingan suami dan istri terjadi lantaran tidak figur lain yang mencalonkan diri sehingga Slamet Becco mendorong istri maju untuk memenuhi syarat dua orang calon kades.

Pemungutan suara di lima TPS dipusatkan di depan SMP Ma'arif 06 Ciputih."Total pemilh sesuai DPT ada 2.653 orang pemilih," kata Ketua Panitia Pilkades Ciputih Aan Daswanto.

Aan menegaskan tidak regulasi yang melarang suami-istri maju. "Aturannya hanya menyebutkan minimal dua calon kades dan maksimal lima calon kades," katanya.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, Slamet Becco memperoleh 1.327 suara, sementara istri,Kori'ah meraih 662 suara. Sisanya 184 suara tidak sah. "Total pemilih dalam DPT 2.653. Pemilih yang hadir memberikan suaranya 1.173 orang atau 82 persen," kata Aan Daswanto.

Di Pilkades Winduasri, calon nomor urut 2 Nurudin juga mengungguli istri Turyati, calon nomor urut 1. Camat Salem Nur Ari HY mengatakan pilkades juga dilaksanakan di Salem, Indrajaya, Gandoang, Gunungjaya, Capar dan Banjaran. "Pelaksanaan pilkades berjalan lancar," pungkasnya.


(Teguh Inpras Tribowo/CN40/SM Network)