• KANAL BERITA

Pemerintah Dorong Produsen Obat Hewan untuk Jadi Eksportir

Ternak sapi sehat berkat obat yang tepat. (suaramerdeka.com/dok)
Ternak sapi sehat berkat obat yang tepat. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah akan terus mendorong para produsen obat hewan untuk bisa menjajagi kemungkinan menjadi eksportir obat hewan ke mancanegara. Hal itu mengingat, dalam hal pelaksaanan regulasi, semakin banyak produsen yang melakukan proses CPOHB (Cara Pembuatan Obat Hewan yang Baik) dan produk-produk obat hewan yang teregristrasi.
 
Kasubdit Pengawasan Obat Hewan, drh Ni Made Ria Isriyathie Phd, mewacanakan hal itu pada seminar Peran Produsen Obat Hewan dalam Pengendalian Resistensi Antibiotik, yang digelar di Jakarta belum lama berselang.

"Kami berharap ada sinergi akan semakin baik antara pemerintah dan para produsen obat hewan dalam hal pelaksaanan regulasi dengan melakukan proses CPOHB," tegas Ni Made Ria Isriyathie.

Acara itu dihadiri oleh para pimpinan produsen obat hewan Indonesia beserta para penanggung jawab teknis obat hewan, dan stakeholder terkait, berlangsung di gedung Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI Jakarta. Juga jajaran pengurus pusat ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia).

Salah satu peserta dari Semarang, PT Eka Farma Semarang yang diwakili oleh Daniel Jefferson Siahaan mengatakan, acara itu sangat bermanfaat. "Eka Farma sebagai pelopor makanan dan obat hewan di Indonesia harus aktif mengikut seminar sebagai wujud partisipasi aktif dan mengikuti aturan dalam memajukan industri obat hewan dan peternakan. Produk obat juga terus dalam pengawasan untuk menjaga kualitas," kata Daniel, dihubungi Minggu (16/6).


(Bambang Isti/CN40/SM Network)