• KANAL BERITA

 Blora Gagas ‘’Mal Pelayanan Publik’’

URUS PERIZINAN: Petugas melayani warga yang mengurus periizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
URUS PERIZINAN: Petugas melayani warga yang mengurus periizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Pemkab Blora menggagas pembangunan mal pelayanan publik. Jika wacana itu terealisasi, Blora akan menjadi kabupaten kedua di Jawa Tengah yang memiliki mal pelayanan administrasi, setelah Kabupaten Banyumas.

Gagasan itu dikemukakan Wakil Bupati Blora Arief Rohman saat inspeksi mendadak di  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora pada hari pertama masuk kerja usai libur dan cuti bersama Idul Fitri 2019.

‘’Sudah saatnya kualitas pelayanan masyarakat ditingkatkan. Kita ingin Blora memiliki mal pelayanan publik, yakni sebuah gedung terpadu yang berisi semua pos pelayanan dari seluruh organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal.’’

Dengan keberadaan mal itu, untuk mengurus dokumen dan perizinan, masyarakat tidak perlu berpindah-pindah lokasi, cukup di gedung itu saja semuanya bisa diurus. Di mal itu Dindukcapil membuka pos pelayanan administrasi kependudukan.

Begitu pun DPMPTSP membuka pos pelayanan perizinan dan penanaman modal. Samsat membuka pos pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan Satlantas membuka pelayanan pembuatan SIM. ‘’Semua ada di dalam satu gedung yakni mal pelayanan publik,’’ tandas Wabup.

Arief Rohman mencontohkan sukses pelaksanaan mal pelayanan publik di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi percontohan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Kepala DPMPTSP Blora Purwanto menyatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan studi banding pendirian mal pelayanan publik di beberapa daerah untuk menginisiasi mal pelayanan publik di Kabupaten Blora.

Hingga kini di Provinsi Jawa Tengah baru Kabupaten Banyumas memiliki mal pelayanan publik yang diresmikan Menteri PAN-RB pada pertangahan Januari 2019. Mal tersebut melayani 104 jenis pelayanan masyarakat. 


(Abdul Muiz/CN39/SM Network)