• KANAL BERITA

Terbesar, Sentra Ikan Nila Seluas 700 Hektare

BENIH NILA SALIN: Budi daya ikan nila salin terus Pemkab Pati. (suaramerdeka.com/M Noor Efendi)
BENIH NILA SALIN: Budi daya ikan nila salin terus Pemkab Pati. (suaramerdeka.com/M Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Pati bertekad menjadi Pati sebagai Bumi Mina Tani dengan menyiapkan lahan seluas 700 hektare untuk pembenihan dan pembesaran ikan nila salin. Lahan luas itu sekaligus menjadi sentra ikan nila salin terbesar di Indonesia.

"Tidak sebatas pembesaran ikan, kami terus mengupayakan benih nila salin juga dapat dicukupi di Pati dan tidak lagi mengandalkan dari daerah lain," ujar Wakil Bupati Saiful Arifin saat bertemu petani pembudi daya ikan nila salin di Desa Donorejo, Kecamatan Tayu, baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, Wabup Safin itu didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Edi Martanto. Mereka berdialog dengan petambak setempat seputar budi daya nila salin hingga kendala mulai pembenihan sampai pemasaran.

Sebagai salah satu sentra budi daya nila salin, desa tersebut telah terbentuk Pusat Perikanan Terpadu (Puskandu).

Menurut Safin, pembenihan perlu menjadi perhatian. Benih nila salin perlu dicukupi dari Pati agar lebih efektif. Bahkan, ke depan diharapkan dapat menyuplai benih untuk daerah lain.

Pengembangan budi daya ikan nila salin di Bumi Mina Tani terbuka. Pati yang merupakan daerah perikanan relatif tepat untuk pengembangan budi daya nila salin, apalagi permintaan pasar nasional dan internasional besar.

Petani tambak Donorejo, Bisri mengemukakan sejumlah kendala dalam budi daya nila salin, salah satunya masalah bibit, dimana pengetahuan petani dalam mengadaptasi bibit nila air tawar ke air payau.

"Dalam proses pengubahan itu tidak sedikit benih ikan mati. Jadi, perlu adanya solusi untuk mengatasinya," kata dia.

Da berharap pemerintah untuk terus mendampingi petani. Benih yang baik dan tepat dibesarkan di air payau menjadi kunci keberhasilan pengembangan budi daya ikan nila salin.


(Moch Noor Efendi/CN39/SM Network)