• KANAL BERITA

Festival Kampung Sumbing Tampilkan Kesenian Tradisional

Gunung Sumbing (Foto seribusatulangkah.blogspot.com)
Gunung Sumbing (Foto seribusatulangkah.blogspot.com)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Sejumlah kelompok kesenian tradisional akan tampil pada Festival Kampung Sumbing, yang akan dihelat mulai 15-19 Juni 2019. Pertunjukkan di ketinggian Gunung Sumbing itu akan digelar di tiga tempat, yakni Desa Jragan, Logede, dan Tlogo. 

Koordinator Program Festival Kampung Sumbing, Very Adrian mengatakan, Acara ini sebenarnya juga menjadi bagian dari Tlogo Bergerak#3 sebagai inisasi forum kreatif antar dusun. Untuk kembali menggeliatkan potensi seni dan budaya dari wilayah desa di sekitar Kecamatan Tlogo dan sekitarnya. 

"Harapan dari kegiatan ini adalah kesenian yang tumbuh secara organik dan regenerasi kaum muda kembali peduli dengan daerahnya akan terus bermunculan secara positif. Ke depan tentu saja Festival Kampung ini bisa menjadi agenda tahunan dan dapat respon yang baik dari Pemerintah Kabupaten Temanggung,"ujarnya Jumat (14/6).

Kesenian asli dari ketiga wilayah Jragan, Logede dan Tlogo yang akan tampil antara lain Topeng Ireng Sekar Mulya Asri, Kuda Lumping Wahyu Turangga Manunggal, Topeng Ireng Rimba Manunggal, Jathilan Turangga Manitis, Hadroh Sirojul Ghofrun, Duo GG Tuban Cak Tuko Gendut dan Cak Jay Gendut. 

Selain itu, juga akan tampil Wulan Gatho, Kubro Siswo Setyo Manunggal, Idakep Turangga Seto, Tari Soreng Wahyu Putra Manunggal, Kuda Lumping Ngesti Budaya Singa Barong, Karawitan Cinde Laras. Akan dimeriahkan juga dengan bazar makanan kampung sekaligus Syawalan Kampung karena masih dalam suasana Syawalan.

Very menjelaskan kegiatan Festival Kampung ini mendapat dukungan dari Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Temanggung memang ditunjuk sebagai salah satu daerah dalam Program Pembinaan Tenaga Kesenian Teater Tradisional melalui Kasubdit Pembinaan Tenaga Kesenian Dra Yusmawati, M.M.


(Raditia Yoni Ariya/CN19/SM Network)