• KANAL BERITA

Penumpang Berkurang, Terminal Mulai Lengang

 Arus balik penumpang di Terminal Tipe A Pemalang berkurang banyak sehingga nampak lengang dari calon penumpang.(Foto: Saiful Bachri)
 Arus balik penumpang di Terminal Tipe A Pemalang berkurang banyak sehingga nampak lengang dari calon penumpang.(Foto: Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Arus balik penumpang Lebaran di Terminal Tipe A Pemalang, kembali ke kota tujuan lebih awal dari perkiraan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penumpang masih terlihat ramai pada H+6 dan H+7 Lebaran.

Tahun ini, berdasar pantauan di lapangan arus balik penumpang dari Pemalang menuju ke Jakarta sudah terlihat ramai pada H+2. Sejumlah bus yang ngetem semua terisi penuh oleh penumpang. Namun memasuki H+6 dan +7 penumpang berkurang dan cenderung sepi.

Kepala Terminal Tipe A Pemalang Suwandi mengatakan, tahun ini arus balik penumpang terjadi lebih awal pemberangkatannya. Namun, pihaknya berusaha menyediakan angkutan yang mencukupi, agar tidak ada penumpang yang tidak terangkut.

"Berdasar pengamatan saya arus balik penumpang sudah kelihatan ramai pada Sabtu sampai malam Senin (8-9/6-red). Kemudian setelah itu penumpang kelihatan normal,," kata Suwandi.

Hingga kemarin siang terminal sudah kelihatan lengang lagi seperti hari biasanya. Bahkan tidak ada bus ngetem. Di ruang tunggu juga hanya ada sekitar 10 penumpang yang menunggu bus datang, sehingga terminal kelihatan lengang.

Ditambahkan Suwandi, pemberangkatan bus dari Terminal Pemalang seperti yang sudah-sudah pada saat arus balik Lebaran pukul 17.00. Pada jam-jam itu terminal akan terlihat ramai calon penumpang. Sedangkan pada pagi hari sekitar pukul 06.00.

Pada musim arus balik penumpang saat ini rata-rata tiap PO memberangkatkan armadanya sekitar 18 unit sampai 20 unit. PO dari Pemalang ke Jakarta antara lain Sinar Jaya, Dedi Jaya dan Dewisri. Namun mereka menyediakan bus tambahan jika penumpang melonjak.


(Saiful Bachri/CN34/SM Network)