• KANAL BERITA

Kupatan, Disiagakan Tim Pengamanan Laut

Sejumlah warga dan relawan saat mengikuti simulasi proses evakuasi korban tenggelam. (suaramerdeka.com/dok)
Sejumlah warga dan relawan saat mengikuti simulasi proses evakuasi korban tenggelam. (suaramerdeka.com/dok)

PATI, suaramerdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyiagakan tim pengaman laut untuk mengantisipasi pengamanan bencana laut, menyusul aktivitas masyarakat yang mulai menggelar tradisi kupatan atau lomban.

Kepala BPBD Kabupaten Pati, Sanusi Siswoyo mengatakan, pengamanan itu penting mengingat banyak tradisi kupatan yang digelar di sungai ataupun di tengah laut. BPBD akan memantau dua titik yakni di Juwana dan Tayu.

Pihaknya menyebut akan menyiagakan baik dari sisi peralatan, perahu, kendaraan, personel maupun sukarelawan.

‘’Setelah Lebaran biasanya banyak tradisi digelar di laut. Seperti lomban kupatan. Kami akan membuka posko Lebaran. Salah satu tujuannya tentu memberi penanganan yang cepat saat terjadi bencana,’’ katanya.

BPBD menyiapkan tim meskipun terkait bencana di laut biasanya berada diwilayah Basarnas. Namun mereka akan tetap berkoordinasi bersama Basarnas, BPBD dan Satpolair Polres Pati. ‘’Kami sinergikan. Karena tentu kami tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya,’’ terangnya.

Dalam penanganan kebencanaan, pihaknya kini telah meneken surat kesepahaman dengan BPBD se eks karisidenan Pati. Seperti Pati, Kudus, Rembang, Jepara, Grobogan, Rembang dan Blora. ‘’Intinya saat terjadi bencana BPBD dari daerah lain akan saling membantu,’’ pungkasnya.


(Beni Dewa/CN40/SM Network)