• KANAL BERITA

Kali Pertama, Desamart Sekar Sembodo Diresmikan

 Kepala Dispermasdes, Tutuko Raharjo, melihat-lihat barang di Desamart didampingi Kades Bojongnangka, Wahmu.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Kepala Dispermasdes, Tutuko Raharjo, melihat-lihat barang di Desamart didampingi Kades Bojongnangka, Wahmu.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Untuk kali pertama di Kabupaten Pemalang, sebuah desa membuka usaha mirip minimarket. Desamart Sekar Sembodo di Desa Bojongnangka, Senin petang (27/5), diresmikan oleh Bupati Pemalang Junaedi dengan suasana Islami dan diakhiri buka bersama para tamu undangan.

Desamart merupakan sebuah usaha bisnis ritail atau supermarket yang kini makin merambah ke pelosok desa. Kepala Desa Bojongnangka, Wahmu, membuat terobosan membuka Desamart mirip minimarket pada umumnya.

Bedanya keuntungan dari penjualan barang-barang masuk ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pendirinya. Kemudian uang diolah lagi menjadi bentuk kegiatan desa. Apakah pembangunan infrastruktur desa atau untuk kegiatan positip lainnya.

"Jadi warga masyarakat desa jika membeli barang-barang di Desamart sama saja menyimpan rupiah untuk pembangunan desanya," kata Wahmu, usai peresmian.

Gedung Desamart yang diresmikan itu berukuran 12x15 meter. Berada di sebelah utara Balai Desa Bojongnangka. Berbentuk bangunan seperti minimarket pada umumnya. Dilengkapi pendingin dan barkot harga dari barang-barang yang dijual.

Ketika ditanya apakah pendirian Desamart tidak dianggap pesaing bagi warga sendiri yang memiliki bisnis yang sama, menurut Wahmu tidak. Karena Desamart malah membuka diri bagi usaha lainnya untuk bergabung.

Seperti diketahui Bojongnangka termasuk desa penghasil sayuran dan padi yang besar. Hasil bumi itu nantinya bisa dipasarkan oleh Desamart kepada pabrik-pabrik makanan.

Peresmian pembukaan DesaMart BUMDes Mekar Sembodo dilakukan Kepala Dispermasdes, Tutuko Raharjo, mewakili Bupati Pemalang, Junaedi. Menurutnya, usaha tersebut itu merupakan satu pilihan masyarakat. Terobosan ini kali pertama di Kabupaten Pemalang.


(Saiful Bachri/CN40/SM Network)