• KANAL BERITA

Prestasi Jadi Tolok Ukur Mutu Sekolah

FOTO BERSAMA: Para wisudawan mengikuti sesi foto bersama usai mengikuti upacara wisuda. (suarmerdeka.com/Moh Khabib Z)
FOTO BERSAMA: Para wisudawan mengikuti sesi foto bersama usai mengikuti upacara wisuda. (suarmerdeka.com/Moh Khabib Z)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mutu sekolah menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu tolok ukur sekolah bermutu yakni prestasi. 

Suatu lembaga pendidikan bisa dikatakan memiliki mutu ajar yang baik bilamana memiliki prestasi di berbagai bidang. Karena hal itu menjadi bukti bahwa di sekolah tersebut pembinaan pendidikan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Kepala SMAN 4, Wiji Eny Ngudi Rahayu menyampaikan, di sekolah yang dia pimpin berhasil menorehkan berbagai prestasi pada tahun ini. Selain berhasil meluluskan 100 persen anak didiknya, dia juga menyampaikan bahwa dari perolehan nilai UNBK mereka menempati peringkat tiga terbaik. 

Kemudian, pada peminatan MIPA mereka juga berhasil meraih peringkat tiga di jajaran sekolah negeri. Dia berharap, siswa angkatan ke-38 kelak dapat diterima di perguruan tinggi yang diinginkan sehingga mereka dapat meraih cita-citanya.

IPS peringkat dua Sekota Semarang dilihat dari hasil UNBK. Selanjutnya yang tidak kalah membanggakan, Karya Ilmiah Remaja (KIR) 2018 menerima hadiah langsung dari Gubernur karena menciptakan alat yang bisa mengolah air limbah menjadi air bersih.

Andalan lainnya di bidang non akademik mereka memiliki kelompok Tari Saman yang telah bereputasi internasional. Mereka beberapa kali diundang mengikuti festival Tari Saman di Negeri Gajah Putih tersebut.

"Pertama, kami bersyukur bisa mengantarkan peserta didik menjadi anak-anak yang baik, cerdas berkarakter harapan anak-anak bisa meraih cita-cita yang mereka impikan. Mudah-mudahan menjadi generasi terbaik yang menjadi penerus bangsa," harap dia. 

SMA Negeri Semarang 4 resmi meluluskan siswanya sebanyak 400 orang. Dalam acara wisuda bertajuk "Ku Cinta Almamaterku" itu para siswa diwisuda oleh Kepala SMAN 4 Semarang, Wiji Eny Ngudi Rahayu. 

Ketua Panitia Wisuda SMAN 4 Semarang, David Effendy mengatakan, Wisuda Purnasismadya SMAN 4 merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan. Jumlah wisudawan/wisudawati pada tahun ini adalah 400 siswa.

Mereka terdiri atas peminatan MIPA sebanyak 327 siswa dengan rincian 197 putri dan 130 putra. Kemudian peminatan IPS sebanyak 73 siswa terdiri dari 51 putri dan 22 putra.

"Acara ini sebagai perwujudan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap para guru yang telah membimbing siswa  kelas XII," tutur David, belum lama ini. 


(Mohammad Khabib Zamzami/CN30/SM Network)