• KANAL BERITA

Belasan Perlintasan KA Dijaga 24 Jam

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal melakukan pengamanan di perlintasan kereta api (KA). (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal melakukan pengamanan di perlintasan kereta api (KA). (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, suaramerdeka.com – Menjelang arus mudik Lebaran, 13 perlintasan Kereta Api (KA) di Kota Tegal akan dijaga petugas yang disiapkan Pemkot Tegal. Kendati ke-13 perlintasan tersebut sudah berpalang pintu, namun pengamanan oleh petugas tetap akan disiagakan 24 jam.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Tegal, Herviyanto Gunarso Winus Purbo mengatakan, untuk pengamanan Dishub menerjunkan 118 petugas, 93 petugas di antaranya merupakan Penjaga Jalur Lintasan (PJL).

Menurut dia, meski 13 perlintasan tersebut seluruhnya sudah berpalang pintu, namun pengamanan tetap akan disiagakan 24 jam. Penempatan penjaga, kata dia, sebagai upaya antisipasi pengamanan jelang arus mudik dan balik lebaran. Sekaligus membantu masyarakat yang akan melewati perlintasan KA sebagai akses jalan penghubung.

"Sesuai instruksi dari Ditjen Perhubungan Darat dan Menteri Perhubungan wilayah yang dilalui arus mudik dan balik wajib mendukung kesiapan sarpras dan fasilitas," katanya.

Hervi mengemukakan, dengan kondisi sempadan jalur lintasan yang sebagian besar beda tinggi patut diwaspadai terlebih saat kondisi basah karena berpotensi menimbulkan korban. Oleh karena itu, penjaga jalur lintasan tetap disiagakan penuh agar bisa memberikan peringatan kepada masyarakat saat menyeberang.

Terlebih, kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran diprediksi akan meningkat pesat sehingga butuh perhatian khusus dalam keselamatan berkendara. Pihaknya juga menyiapkan sejumlah pengamanan di Terminal Tipe A dan Stasiun Besar Kota Tegal.

 "Untuk kesiapan terminal, kami sudah menjadwalkan pemeriksaan kelaikan angkutan umum, pemeriksaan kesehatan pengemudi dan rekayasa lalu lintas," pungkasnya.


(Wawan Hudiyanto/CN40/SM Network)