• KANAL BERITA

Tim Gabungan Bantul Lakukan Ramp Check Bus

Ilustrasi Ramp Check Bus / beritatrans
Ilustrasi Ramp Check Bus / beritatrans

BANTUL, suaramerdeka.com - Demi keamanan dan kenyamanan pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya pada Lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul melakukan ramp check terhadap bus AKAP yang berada di Terminal Bus Palbapang, Kabupaten Bantul, kemarin. 

Selain melakukan ramp check bus AKAP di terminal bus Palbapang, Srandakan, Bantul, petugas dari Dishub Bantul dan Polantas Polres Bantul juga melakukan pengecekan yang sama di garasi PO Gresika yang berlokasi di Jalan Bakulan, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul.

Namun petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul dengan didampingi Satuan Lalu-Lintas Polres Bantul dan Satpol PP Pemkab Bantul, sempat kecele karena saat datang ke terminal tidak ada Bus AKAP yang parkir di Terminal Palbapang. Dari tempat tersebut, kemudian rombongan langsung menuju garasi PO Gresika.

Di garasi PO Gresika, petugas Dishub menemukan 4 bus ukuran sedang yang sedang terparkir dan baru saja di cuci oleh kru dari PO Gresika. Satu persatu bus yang khusus melayani angkutan pariwisata dilakukan ramp check oleh pertugas dari Dinas Perhubungan dengan disaksikan petugas dari Satuan Lalu-Lintas Polres Bantul.

Petugas dengan cekatan langsung melakukan pengecekan surat-surat, mengecek fungsi rem, lampu-lampu, alat keselamatan lainnya seperti martil pemecah kaca, alat pemadam kebakaran yang harus ada disetiap unit bus.

''Dari hasil ramp check pertama di garasi PO Gresika, semua bus laik jalan dan memenuhi unsur keselamatan," ujar Aris Suhariyanta, Kepada Dinas Perhubungan DI Yogyakarta.

''Dari sini kami akan kembali ke terminal Palbapang, untuk melakukan pemeriksaan bus ada di terminal tersebut,'' katanya lagi.

Beberapa saat kemudian petugas Dishub Bantul mendapatkan informasi ada satu unit bus AKAP sedang parkir di Terminal Palbapang, mendapat info tersebut petugas gabungan langsung mendatangi bus PO Murni Jaya di terminal bus Palbapang, Bantul.

''Langsung kita lakukan ramp checek seperti yang dilaksanakan di garasi PO Gresika dan bus dinyatakan laik jalan," katanya.

Aris mengatakan, bus AKAP dari PO Murni Jaya bahkan ketika selesai dilakukan ramp check sang sopir memperlihatkan lembaran ramp check yang dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan di salah satu terminal bus yang ada di Jawa Barat.

"Kalau sudah di ramp check di daerah lain dan bus sampai ke Bantul maka dipastikan bus laik jalan," ujarnya.

Lebih lanjut Aris mengatakan, ramp check yang dilakukan merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran untuk memastikan bus yang digunakan untuk angkutan mudik Lebaran laik jalan atau tidak.

"Keselamatan adalah faktor utama yang harus menjadi prioritas yaitu armada yang akan digunakan dalam kondisi laik jalan. Nantinya juga akan ada pemeriksaan kesehatan kepada awak bus, agar dalam perjalanan kondisi kesehatan selalu fit termasuk tidak mengkonsumsi narkoba," katanya. 


(Sugiarto/CN42/SM Network)