• KANAL BERITA

Harga Cabai Rawit Hijau Hanya Rp 7.000/Kg

Anggota TPID Kota Solo dari unsur BPS, MAB Herminawati menerima penjelasan dari pedagang terkait turunnya harga nangka muda, ketika mengikuti sidak di Pasar Legi Solo, Rabu (22/5).(suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)
Anggota TPID Kota Solo dari unsur BPS, MAB Herminawati menerima penjelasan dari pedagang terkait turunnya harga nangka muda, ketika mengikuti sidak di Pasar Legi Solo, Rabu (22/5).(suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Setengah bulan menjelang Lebaran, harga sebagian kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional stabil, bahkan cenderung turun, terutama untuk komoditas pertanian. Setidaknya, itu diketahui dari sidak tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kota Surakarta, Rabu (22/5), di tiga pasar tradisional, yakni Pasar Legi, Pasar Gede, dan Pasar Nusukan.

Di Pasar Legi, kata salah seorang pedagang Kaliyem (46), harga cabai rawit hijau eceran hanya Rp 7.000 per kg, dari semula Rp 18.000, pekan lalu. Sementara cabai rawit merah seharga Rp 10.000 per kg, turun cukup banyak dari pekan sebelumnya Rp 28.000, sedang cabai merah keriting yang pekan lalu di harga Rp 22.000 per kg, saat ini cenderung stabil. Demikian juga dengan cabai hijau besar, cenderung stabil di harga Rp 15.000 per kg.

"Nangka muda harganya turun dari 15 ribu rupiah per kilogram menjadi sepuluh ribu rupiah. Saat ini lagi musim, mungkin inilah penyebab harga nangka turun," kata salah seorang pedagang.

Komoditas lain yang turun drastis harganya adalah basang putih jenis kating. Bawang impor dari Tiongkok yang semula sempat menyentuh harga Rp 70.000 per kg dan pekan lalu turun menjadi Rp 55.000, kini turun lagi menjadi Rp 27.000 per kg. Sedang bawang merah seharga Rp 24.000 per kg.

Jika harga daging ayam ras stabil di angka Rp 32.000 per kg dalam sepekan ini, harga telur ayam ras cenderung turun, yakni Rp 21.000 per kg, dari pekan sebelumnya seharga Rp 23.000. Harga beras juga cenderung stabil, meski harga kulakan naik. Beras premium seharga Rp 12.000 per kg dan Rp 11.000 per kg untuk beras medium. Demikian juga harga daging sapi, minyak goreng, dan gula pasir, juga stabil.

"Bagi kami yang terpenting adalah ketersediaan komoditas sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan. Kalau pun ada kenaikan harga itu wajar, asal kenaikannya rasional, sebab ini bulan Ramadan dan mendekati Lebaran. Malah harga beberapa kebutuhan pokok, terutama komoditas pertanian cenderung turun," kata Subagiyo, Kepala Dinas Perdagangan, kepada wartawan, di sela-sela sidak.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo M Taufik Amrozy merasa gembira dengan stabilnya harga, bahkan ada penurunan harga untuk sejumlah kebutuhan pokok. Sebab, sebelumnya dikhawatirkan isu demo terkait penetapan hasil Pilpres akan berpengaruh terhadap lonjakan harga.

"Tapi ternyata setelah dilakukan sidak pasar, harga-harga stabil bahkan cenderung turun untuk beberapa komoditas kebutuhan pokok," kata Taufik yang juga wakil sekretaris TPID Kota Surakarta.


(Langgeng Widodo/CN42/SM Network)