• KANAL BERITA

PGRI Harap Pemerintah Fokus Peningkatan Kualitas SDM

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) terus menaruh harap kepada pemerintah agar tetap melakukan perbaikan-perbaikan di sektor pendidikan. Pendidikan menjadi titik utama pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Tentunya, harapan tersebut disampaikan kepada presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2019-2024.

"Kami harapkan presiden dan wakil presiden terpilih sungguh-sungguh mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM, termasuk para guru," ujar Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi, di Gedung Guru, Jakarta.

Menurutnya, perlu upaya pemerintah untuk semakin memperjelas arah pendidikan di Indonesia. Dengan demikian diharapkan akan lahir lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman. 

"Arah pendidikan makin diperjelas. Misalnya, dana-dana pendidikan itu tidak hanya untuk teknis, tapi juga untuk pembangunan mutu. Sehingga kami harap terjadi pengembangan SDM," harapnya.

Dikatakan, peningkatan akses pendidikan yang bermutu dan berkeadilan bagi seluruh anak bangsa, sejatinya dapat menjadi titik tolak pembangan kualitas SDM.

"Dengan demikian kedepan akan terjadi lonjakan lulusan dan calon tenaga kerja yang berkualitas," imbuhnya.

Disamping itu, PGRI juga menyoroti soal ketersediaan guru di Indonesia. Pemerintah perlu segera melakukan langkah kongkrit untuk mengisi kekurangan guru yang terjadi saat ini.

"Jangan sampai kita kekurangan guru. Kita harapkan kepada pemerintah kedepan untuk dapat menyelesaikan kebutuhan akan guru. Saat ini kekurangan guru hampi satu juta," ungkap Unifah.

Dia mengusulkan agar pemenuhan kebutuhan guru dapat diisi dari guru-guru honorer. "Sebenarnya para guru honorer sangat memiliki kapasitas, asalkan diberikan pelatihan-pelatihan. Masalahnya kesempatan pelatihannya selama ini tidak ada," ungkapnya. 
 


(Satrio Wicaksono/CN19/SM Network)