• KANAL BERITA

Rumah Makan Besar Mulai Masuk GCC

 Rumah makan mulai membuka usaha di Gandulan Culinery Center (GCC).
 Rumah makan mulai membuka usaha di Gandulan Culinery Center (GCC).

PEMALANG, suaramerdeka.com - Rumah makan besar, Pringsewu/Pringjajar mulai menjalankan usaha di Gandulan Culinery Center (GCC) Pemalang. Pringsewu mulai berbenah dan diharapkan menjadi pemacu untuk menggairahkan bisnis kuliner di kawasan itu.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Usaha Mikro Kecil Menengah ( Dinkoperindag UMKM) Hepi Priyanto mengatakan Pringsewu sudah masuk GCC dan melakukan penataan.

Kawasan GCC pada awalnya dibangun sebagai pusat kuliner khas Pemalang yang semula bernama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Pusat kuliner itu diisi pelaku UMKM, namun hanya berjalan beberapa saat, lantaran sepi.

Kabid Industri Priyo Budi Utomo menambahkan investasi dari Pringsewu di GCC dilakukan dalam tiga tahun."Dia menyewa 16 kedai untuk masa tiga tahun," kata Priyo, Selasa (21/5).

Menurut Priyo kehadiran Pringsewu di GCC diharapkan semakin menggairahkan bisnis kuliner di sana. Kedai-kedai yang disewa UMKM lain diharapkan akan terkena imbas sehingga menjadi ramai.

Pringsewu sebagai rumah makan besar sudah bekerja sama dengan biro perjalanan wisata. "Nanti biro-biro itu akan transit di rumah makan Pringsewu di GCC sehingga UMKM lainnya akan ikut menikmati," katanya.

Saat ini Pringsewu masih melakukan penataan kedai-kedai yang disewanya. Apabila sudah siap maka akan segera dibuka untuk masyarakat terutama mereka pemburu kuliner buka puasa.

Ke depan, Diskoprindag UMKM bakal menyewakan kedai bagi 10 UMKM. Di sisi barat GCC menurut Priyo ada 30 kedai yang akan dibongkar dan dilebarkan sehingga menjadi 15 kedai. Dengan demikian masih tersisa lima kedai.

Pihaknya merangkul UMKM produk terkenal untuk masuk GCC namun mereka belum memberikan jawaban, lantaran selama ini GCC sepi pengunjung. Padahal pengembangan GCC masih terus dilakukan seperti pembangunan rest area dan SPBU


(Ali Basarah/CN34/SM Network)