• KANAL BERITA

Banyak Izin Edar Produk Makanan Habis

SIDAK: Perwakilan dari BBPOM dan Dinkes saat menggelar sidak makanan dan minuman di sejumlah swalayan. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)
SIDAK: Perwakilan dari BBPOM dan Dinkes saat menggelar sidak makanan dan minuman di sejumlah swalayan. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka.com - Balai Besar POM Semarang menemukan sebagian besar temuan saat sidak di sejumlah swalayan, yakni produk makanan dan minuman izin edarnya sudah habis. Untuk itu Dinas Kesehatan diminta mengedukasi  pengelola swalayan dan masyarakat konsemen.

‘’Kalau izin edarnya sudah habis tentu tidak akan ada penjaminan kualitas mutunya, sehingga tentu patut dicermati,’’ kata staf BBPOM Semarang, Rina Nuryanti.

Sebagian besar didapati pada produk dengan izin produk industri rumah tangga (PIRT). ‘’Memang ada yang telah mengurus izin edar baru tapi pelaku usahanya masih menggunakan kemasan lama. Kami berharap Dinas Kesehatan bisa aktif mengedukasi kembali perihal tersebut,’’ tegasnya.

Makanan luar yang ditemukan izin edarnya telah habis dimusnahkan atau merusak kemasannya, sehingga tidak dijual kembali tapi dapat dikembali ke pemasoknya.

‘’Kami berharap masyarakat bisa lebih cerdas untuk mengecek sebelum membeli. Sekarang ini BPOM telah memiliki aplikasi cek bpom atau mengunjungi situs resmi kami,’’ katanya.

Selain temuan produk dengan izin edar habis, pihaknya mendapatkan sejumlah makanan dan minuman dengan kemasan rusak.’’ Ini tentu juga rawan merusak kualitas produknya kami berharap tidak dijual kembali.’’

Sementara itu Kasi Kefarmasian dan Alkes Dinkes Pati, Endri Jatmiko menambahkan selain mengecek barang yang dipajang, pihaknya sempat mengambil sejumlah parsel. Bingkisan berupa makanan dan minuman juga diperiksa.


(Beni Dewa/CN39/SM Network)