• KANAL BERITA

Tim Kaget, Makanan Supermarket Mangandung Formalin dan Boraks

Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi, menunjukkan dua jenis makanan kedaluwarsa di salah satu supermarket, Selasa (21/5). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi, menunjukkan dua jenis makanan kedaluwarsa di salah satu supermarket, Selasa (21/5). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Tim Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tegal mengaku kaget saat menemukan makanan mengandung formalin dan boraks saat sidak di pasar modern atau supermarket, Selasa (21/5). Selain itu tim menemukan makanan kedaluwarsa.

Selama ini masyarakat percaya dengan kualitas produk di toko modern, namun tidak semua benar, sehingga Dinkes memberikan peringatan keras kepada pengelola supermaket itu.

Menurut Tri Kartika Sari, tim laboratorium Dinkes, pihaknya mengaku baru pertama kali mendapati kolang-kaling mengandung boraks. ‘’Saya baru tahu atau baru mendapati kolang-kaling yang dijual positif mengandung boraks, seperti tadi di Pasar Bandung Tegal Selatan juga,’’ kata dia.

Tim kemudian membuat surat pernyataan di atas materai agar pemilik atau pengelola swalayan berjanji tidak akan mengulangi, mau melakukan perbaikan, hingga bersedia memusnahkan makanan dan minuman kedaluwarsa dan mengandung kimia berbahaya.

Menurut Wakil Wali Kota M Jumadi, selama ini masyarakat cenderung lebih percaya kualitas makanan dan minuman di supermarket lebih baik dari pasar tradisional.

‘’Tadi saya warning kepada pihak supermarket harusnya lebih teliti dan lebih detail. Sebenarnya kita tidak bisa kompromi soal ini. Kalau pasar tradisional orang masih maklum, meski tidak boleh juga. Makanan mengandung boraks dan formalin tidak boleh lagi masuk,’’ katanya.

Pada Selasa (21/5), petugas gabungan saat melakukan inspeksi mendadak ke salah satu swalayan di Jalan AR Hakim Tegal. Tim laboratorium selanjutnya melakukan uji sampel di lokasi menemukan di antaranya jajanan kolang-kaling mengandung boraks dan sejumlah ikan asin mengandung formalin.

Tak hanya mengandung boraks dan formalin, tim yang dipimpin Wakil Wali Kota M Jumadi dan Kepala Dinas Kesehatan Prima Indraswari juga menemukan sejumlah makanan dan minuman kedaluwarsa. Seperti di antaranya makanan ringan kacang kering, dan sirup atau minuman sari buah.

Sebelumnya, makanan mengandung boraks dan formalin ditemukan di sejumlah makanan saat tim Wali Kota Dedy Yon Supriyono melakukan sidak di Pasar Bandung, Tegal Selatan. Salah satunya kolang-kaling mengandung boraks.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)