• KANAL BERITA

Sepi, Terminal Kartasura Bakal Turun Tipe

Kondisi Terminal Kartasura sepi tidak bus masuk. (suaramerdeka.com/Ari Welianto)
Kondisi Terminal Kartasura sepi tidak bus masuk. (suaramerdeka.com/Ari Welianto)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Kondisi Terminal Kartasura di Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura memprihatinkan lantaran sepi dan tidak layak. Bahkan muncul wacana pengelolaan terminal itu bakal dikembalikan ke Pemkab dan diturunkan statusnya dari tipe B ke C.

Jika penurunan status tidak bisa menolong kondisi terminal itu, tidak menutup kemungkinan terminal tersebut bakal ditutup sebagaimana terminal Purbalingga dan Pekalongan. Namun pemerintah masih menunggu evaluasi dari tahun ke tahun.

‘’Tiap tahun itu ada evaluasi dan masalah Terminal Kartasura. Jika kondisinya tidak layak maka tipe bisa turun dari B kembali C dan dikembalikan dikelola Pemkab Sukoharjo,’’ kata Koordinator Terminal Kartasura, Sumaryadi, Rabu (16/5).

Bahkan, kata dia, kondisi terburuk bisa saja ditutup setelah diturun dari tipe B ke C tidak ada perubahan, seperti terjadi di Purbalingga dan Pekalongan.

Dia mengakui hampir setiap tahun wacana penyerahan kembali ke Pemkab selalu muncul setiap kali evaluasi. Terminal sepi tidak ada bus yang masuk, sementara biaya operasional untuk perawatan besar tapi kontribusi kecil.

‘’Perkembangannya seperti apa, menunggu kebijakan saja. Kondisinya memang makin sepi dan tidak terawat, untuk kontribusinya juga tidak berpotensi,’’ katanya.

Yang menjadi kendala terbentur status tanah. Saat ini tanah terminal milik Desa Wirogunan yang disewa Pemerintah Provinsi Jateng. ‘’Sebenarnya ideal karena lahan cukup luas,’’ katanya.

‘’Selama ini belum ada Perda soal terminal, padahal itu penting. Kami tidak bisa memasukan bus ke terminal dan bisa menyalahi jika terjadi. Jadi kami juga menunggu adanya perda itu,’’ pungkasnya.

Untuk Lebaran nanti juga tidak ada persiapan apa pun.


(Ari Welianto/CN40/SM Network)