• KANAL BERITA

Bulog Divre Jateng Jamin Stok Bahan Pokok Aman

Kepala Perum Bulog Divre Jawa Tengah, M Sugit Tedjo Mulyono. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Kepala Perum Bulog Divre Jawa Tengah, M Sugit Tedjo Mulyono. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bulog Divre Jawa Tengah menjamin ketersediaan bahan pokok saat bulan Ramadan dan Lebaran akan mencukupi kebutuhan masyarakat.

Kepala Perum Bulog Divre Jawa Tengah, M Sugit Tedjo Mulyono mengatakan, untuk beras stok sangat banyak karena diawal Januari sudah tidak ada rastra. Saat ini stok beras di gudang Bulog Divre Jawa Tengah ada 145 ribu ton dan bisa mencukupi sampai 1,5 tahun ke depan.

"Stok beras masih sangat aman dan berlimpah. Bahkan, stok masih akan terus bertambah seiring berlangsungnya masa panen padi di sejumlah daerah di Jateng, dengan luasan yang cukup besar," katanya, di Semarang, Kamis (16/5).

Selain beras, Bulog juga memiliki stok aman untuk gula, terigu, jagung pakan, daging kerbau, hingga minyak goreng. Untuk stok gula dapat mencukupi kebutuhan sampai tiga-empat bulan ke depan.

"Kalau pun harga naik pasti dalam satu minggu akan turun karena proses penggilingan terus berjalan," ucapnya.

Sugit menambahkan, dengan adanya momentum hari raya Idul fitri pasti pasar merespon terjadinya kenaikan harga. Namun Sugit yakin tahun ini tidak ada kenaikan yang signifikan di beberapa komoditas hanya bawang putih yang terus mengalami kenaikan.

Sugit mengimbau agar masyarakat dan pedagang tidak tersugesti setiap momentum Hari Raya untuk menaikkan harga serta masyarakat tidak perlu berbondong-bondong untuk memborong bahan pokok karena stok masih sangat cukup.


(Cun Cahya/CN40/SM Network)