• KANAL BERITA

Disperkim Kota Tegal Bongkar Tugu Garuda

Petugas membongkar Tugu Garuda di Kawasan Alun-alun Kota Tegal dengan menerjunkan alat berat, Kamis (16/5). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Petugas membongkar Tugu Garuda di Kawasan Alun-alun Kota Tegal dengan menerjunkan alat berat, Kamis (16/5). (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Dinas Perumahan dan Kawasan Perkumiman (Disperkim) Kota Tegal mulai membongkar patung Tugu Garuda di kawasan Alun-alun Kota Tegal, Kamis (16/5), menyusul rencana revitalisasi alun-alun itu.

‘’Sudah mulai dibongkar hari ini. Tidak ada target namun harapanya segera selesai,’’ kata Kepala Disperkim, Eko, Kamis (16/5).

Pembongkaran salah satu landmark Kota Bahari sebagai simbol Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika itu sebagai dampak revitalisasi kawasan alun-alun.

Pemkot selanjutnya akan dibangun taman bunga di lapangan alun-alun, kawasan sepanjang Jalan Pancasila juga akan bebas pedagang kaki lima sebagai upaya menata kembali wajah kota.

Eko menyampaikan, setelah selesai dibongkar ke depan akan dibangun kembali dengan model serupa di ujung timur Jalan Pancasila atau bergeser sekitar ratusan meter.

Sebelumnya, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, saat meninjau Alun-alun Kota Tegal, belum lama ini mengungkapkan, di timur lapangan alun-alun atau di sepanjang Jalan Pancasila agar bisa dimanfaatkan untuk bermacam kegiatan baik oleh pemerintah, maupun masyarakat dan pihak swasta.

‘’Silakan nanti bisa untuk tempat acara keagamaan, pagelaran musik, konser, maupun event otomotif,’’ kata dia.

Sementara di lapangan alun-alun, rencananya akan dijadikan tempat rekreasi warga. Dengan lapangan yang dipenuhi rumput sintesis. Serta beberapa sisinya ditanam bermacam jenis bunga.

‘’Alun-alun akan dijadikan ruang rekreasi keluarga. Dengan rumput sintetis dan taman bunga. Ini akan menjadi fasilitas umum dan untuk siapa saja, keluarga, sehingga mampu menarik masyarakat luar kota untuk datang ke Kota Tegal,’’ ujarnya.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)