• KANAL BERITA

PID DIY: Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Tidak Signifikan

ILustrasi Kebutuhan Pokok / istomewa
ILustrasi Kebutuhan Pokok / istomewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, memperkirakan tidak akan ada kenaikan harga kebutuhan pokok yang signifikan pada lebaran tahun ini. 

Menurutnya, harga kebutuhan pokok di DIY menjelang lebaran kali ini justru lebih stabil dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Bisa dikatakan, harga bahan pokok dan ketersediaannya masih cukup aman. Tidak hanya menjelang lebaran, tapi sampai setelah lebaran diperkirakan tetap stabil," kata Dwipanti saat memimpin Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan  pantauan harga dan ketersediaan stok daging ayam dan telor di Sleman, Kamis (16/5). 

Monitoring ini dilakukan di dua tempat yakni PT Sera Food Indonesia, Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, dan Indo Telor Jalan Magelang km 7.  Kegiatan tersebut diawali dengan audiensi kepada masing-masing pemilik perusahaan dilanjutkan memantau proses produksinya.

Kegiatan juga melibatkan OPD terkait di Pemkab Sleman, dan Polda DIY. Bupati Sleman Sri Purnomo turut serta pula dalam pantauan tersebut. Kepada wartawan usai kegiatan, Sri Purnomo mengatakan pihaknya menjamin stok daging ayam dan telor di Kabupaten Sleman saat ini masih aman, bahkan hingga dua bulan ke depan.

"Diprediksi akan ada fluktuasi harga daging dan telur, baik sebelum ataupun setelah lebaran nanti. Tapi meski ada kenaikan harga, masih dapat dikatakan wajar," ujar Sri. 

Oleh karenanya, dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan stok barang, dan disarankan melakukan pembelian secukupnya.


(Amelia Hapsari/CN42/SM Network)