• KANAL BERITA

Siswa Berprestasi di SMA 14 Semarang Diapresiasi

Wisuda 320 Siswa

 Kepala sekolah dan guru SMA 14 Semarang berfoto bersama 20 siswa berprestasi akademik dalam prosesi wisuda di Balairung Astina UTC Hotel Semarang, Rabu (15/5). (suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)
Kepala sekolah dan guru SMA 14 Semarang berfoto bersama 20 siswa berprestasi akademik dalam prosesi wisuda di Balairung Astina UTC Hotel Semarang, Rabu (15/5). (suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - SMA 14 Semarang memberikan apresiasi kepada 10 siswa kelas XII MIPA dan 10 siswa kelas XII IPS peraih nilai terbaik, dalam prosesi wisuda yang dilakukan di Balairung Astina UTC Hotel Semarang, Rabu (15/5) kemarin.

Kepala SMP 14 Semarang, Sulastri mengatakan, apresiasi ini rutin diberikan kepada para siswa yang telah melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Nilai yang dimiliki 20 anak berprestasi ini juga didapat dari total nilai rapor semester I hingga semester VI ditambah dua ujian akhir tersebut. Mereka mendapatkan piagam penghargaan, dan peringkat tiga terbaik tiap penjurusan mendapat dana pendidikan dari sekolah dan Bank Jateng.

''Kami sangat bangga, di dalam siswa berprestasi ini juga ada peraih nilai 100 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di UNBK atas nama Maulida Nur Adelia. Secara umum, SMA 14 juga 100 persen siswanya lulus yang terdiri dari 180 siswa XII MIPA dan 140 siswa XII IPS,'' kata Sulastri disela-sela acara.

Sulastri juga mengungkapkan, sekolahnya punya andil dalam nilai UNBK yang secara nasional meningkat dari tahun sebelumnya. Sebab di sekolahnya juga bisa naik hingga 0,5 persen nilai siswanya dibanding tahun lalu.

''Hal ini sangat luar biasa dan hasil dari kerja keras guru dan siswa. Sebab sebelum UNBK dan USBN, kami sikapi hal itu dengan menambah jam pelajaran dari pertengahan semester ganjil. Yakni dengan masuk pukul 06.15 WIB secara rutin,'' lanjutnya.

Sulastri ke depan juga akan meningkatkan program yang lebih startegis lagi kepada siswa angakatan selanjutnya dalam menghadapi UNBK dan USBN.

''Satu diantaranya dengan menambah dua jam pelajaran bagi siswa yakni pagi dan sore,'' imbuhnya.

Selain prestasi akademik, Sulastri juga menyebut sekolahnya memiliki prestasi non-akademik yang baik. Di angkatan siswa yang lulus di tahun ajaran 2018/2019 ini, prestasi non-akademik datang dari tim basket, wushu, dan tari.

''Ini saatnya SMA 14 tidak dipandang sebagai sekolah pinggiran. Satu diantara kiatnya dengan menonjolkan prestasi akademik dan non-akademik,'' tandas Sulastri.


(M Alfi Makhsun/CN42/SM Network)