• KANAL BERITA

Bupati Akan Buat Posko Pengaduan Petani Tembakau

Tanaman tembakau milik petani di wilayah Kecamatan Kledung, Temanggung tampak mulai tumbuh berkembang, kemarin. (Foto suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Tanaman tembakau milik petani di wilayah Kecamatan Kledung, Temanggung tampak mulai tumbuh berkembang, kemarin. (Foto suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengaku akan membuat posko pengaduan petani tembakau di musim ini. Posko itu untuk menampung aduan dari masyarakat dan nantinya akan dilaporkan ke pihak PT Djarum Kudus. Pihaknya akan terus berupaya memperjuangkan nasib para petani tembakau Temanggung.

Menurut Al Khadziq, bagi masyarakat Temanggung,  tembakau bukan saja  bagian dari ekonomi, bukan hanya bagian dari budaya, akan tetapi di atas semua itu  tembakau menjadi bagian harga diri masyarakat. Karena itu, kata dia, jerih payah petani mesti dihargai jangan direndahkan.

"Melalui kunjungan ini kami berharap terjalin komunikasi  yang harmonis antara Pemkab Temanggung yang mewakili masyarakat petani dengan PT Djarum. DIharapkan segala permasalahan yang menyangkut  tata niaga tembakau bisa berjalan  baik saling menguntungkan, saling menghargai, saling memuliakan“ harapnya.

Sementara itu, Direktur Pembelian PT Djarum Kudus, Sutanto mengungkapkan, para petani tembakau Temanggung harus bisa menjaga kualitas dan kemurnian tembakau asli Temanggung. "Untuk menjaga kualitas dan kemurnian tembakau Temanggung, perlu menjalin kemitraan dengan sejumlah petani yang tersebar di sejumlah desa sentra tembakau," ujarnya.

Pola kemitraan yang dilakukan yakni mulai penyediaan benih tembakau kemloko, teknologi budidaya hingga pascapanen. Melalui pola kemitraan yang dijalankan ada jaminan bahwa tembakau yang dipanen pasti dibeli oleh PT Djarum. Petani yang menjadi peserta pola kemitraan diharapkan mengikuti panduan dari PT Djarum. 

Berdasarkan pengalaman ada beberapa petani yang belum bisa mengikuti panduan tersebut karena latar belakang petani beragam.

“Kita merespon positif kunjungan Bupati Temanggung ke PT Djarum yang bermanfaat untuk membuka kran komunikasi tentang pertembakauan," beber dia.

Pada prinsip, lanjut Sutanto, PT Djarum siap memprioritaskan pembelian tembakau asli Temanggung dengan tingkatkan harga yang lebih baik pada musim panen tahun 2019 ini. "Kami berharapk para petani menanam dan mengolah tembakau dengan sebaik-baiknya dan menjaga kemurnian tembakau asli Temanggung," harapnya.


(M Abdul Rohman/CN19/SM Network)