• KANAL BERITA

Wabup Batang Ingatkan Masyarakat Taat Membayar Pajak

SAMBUTAN: Wabup Batang Suyono memberikan kata sambutan usai melaksanakan shalat tarawih putaran ketiga di Masjid Istiqomah, Desa Luwung, Kecamatan Banyuputih. (suaramerdeka.com / Kasirin Umar)
SAMBUTAN: Wabup Batang Suyono memberikan kata sambutan usai melaksanakan shalat tarawih putaran ketiga di Masjid Istiqomah, Desa Luwung, Kecamatan Banyuputih. (suaramerdeka.com / Kasirin Umar)

BATANG,suaramerdeka.com - Wakil Bupati Batang Suyono mengingatkan kepada masyarakat, untuk taat membayar pajak guna pembangunan di Kabupaten Batang. “Kemampuan pajak sangat luar biasa sehingga perlu kesadaran tinggi untuk membayar pajak. Karena pajak warga sangat berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Batang,”ucap Suyono usai melaksanakan sholat tarawih ukuwah putaran ketiga di Masjid Al Istiqomah, Desa Luwung, Kecamatan Banyuputih, Rabu malam (15/5).

Ia mengatakan, pajak adalah salah satu faktor penting yang memberikan dampak kemajuan bagi pembangunan daerah. Karena anggaran pembangunan infrastruktur bersumber dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat sebagai wajib pajak. Tak hanya itu, ujar Suyono, dalam penggunaan manfaat pajak juga sangat luar biasa untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung.

"Seperti santunan kematian, insentif guru madin dan RTLH adalah salah satu manfaat dari pajak yang telah dinikmati oleh warga, selain untuk pembangunan insfrastuktur dan pembangunan desa" ujar Suyono.

Untuk itu, Wabub mengajak kepada segenap masyarakat, sebagai warga negara yang memiliki kewajiban membayar pajak untuk membayar pajak bumi dan bangunan secara jujur dan tepat waktu. “Uang dari pajak masyarakat nantinya akan dikembalikan ke masyarakat lagi lewat berbagai program yang telah ditetapkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah,”katanya.

Menurut Wabup, salah satu program Pemerintah Pusat yang saat ini sudah dijalankan adalah pemberian Dana Desa (DD) yang masing-masing desa mendapatkan alokasi anggaran mencapai Rp 1 miliar bahkan lebih. Membayar pajak, sebut Suyono, merupakan wujud gotong royong, guyub rukun sebagai warga negara dalam rangka membangun bangsa, serta membantu masyarakat yang kurang beruntung lewat program-program sosial.

"Saya sangat mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar dan melaporkan pajak. Baik secara pribadi maupun lembaga usaha, serta turut mengawasi dalam pemanfaatannya,”pungkas Wabup


(Kasirin Umar/CN26/SM Network)