• KANAL BERITA

PLN Siagakan 364 Petugas, 20 Travo dan 21 Genset

APEL SIAGA: Sejumlah petugas pelayanan tekhnik mengikuti apel siaga di Kantor UP3 PLN Tegal sebelum diterjunkan ke pos masing-masing. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
APEL SIAGA: Sejumlah petugas pelayanan tekhnik mengikuti apel siaga di Kantor UP3 PLN Tegal sebelum diterjunkan ke pos masing-masing. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Tegal menyiagakan 364 petugas pelayanan teknik selama Ramadan untuk menjaga keandalan pasokan listrik mengingat tingginya kebutuhan listrik masyarakat selama bulan puasa hingga Idul Fitri.

Manager PLN UP3 Tegal, Moses Allo mengatakan, selain 364 personel pelayanan teknik, PLN juga menyiapkan delapan pegawai Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), kesiapan material cadang berupa 20 unit trafo mobile, dan 21 unit genset

Dikatakan, 364 personel dilengkapi sarana pendukung lengkap. ‘’Mereka tersebar di 10 Unit Pelayanan Pelanggan dan 26 Pos Pelayanan Listrik,’’  kata Moses saat Apel Siaga Ramadan dan Idul Fitri, baru-baru ini.

Moses  mengatakan pada bulan Ramadan ini diperkirakan beban puncak listrik akan terjadi dua kali dalam sehari. Pertama pada pukul 18.00-22.00 bertepatan dengan momen buka puasa dan tarawih, serta antara pukul 03.30- 05.00 saat sahur.

"Dari dua momentum diprediksi terjadi lonjakan beban cukup tinggi secara serempak. PLN berupaya maksimal mengantisipasi adanya lonjakan dengan menyiagakan petugas dan sarana pendukung lainnya. Berupa 36 Unit pelayanan teknik, kesiapan material cadang berupa 20 unit trafo mobile, dan 21 unit genset,’’ terangnya

Dengan kesiapan seperti ini diharapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayan Tegal dan sekitarnya selama Ramadan.  Meski sudah dipersiapkan, kondisi di luar kendali masih mungkin terjadi. Seperti gangguan pada sistem akibat pohon tumbang, hewan, dan petir.

Untuk mempercepat pemulihan jika terjadi gangguan, PLN menyiapkan petugas piket 24 jam, dan SOP pemulihan sistem apabila terjadi gangguan.’’Masyarakat dapat mengakses layanan 24 jam kami melalui contact center 123," katanya.


(Tresno Setiadi/CN39/SM Network)