• KANAL BERITA

Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pilpres di Temanggung Naik

Ilustrasi: Istimewa
Ilustrasi: Istimewa

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung mencatat tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 naik 4,45 persen dibanding Pilpres 2014. Sementara partisipasi pemilih dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia 2019 naik 2,52 persen dibanding 2014.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois kepada awak media di kantornya, Rabu (15/5) siang. Menurutnya, secara umum partisipasi pemilih di Kabupaten Temanggung pada pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 mencapai 87,67 persen. Kemudian untuk pemilihan DPR RI mencapai 87,58 persen.

"Tingginya partisipasi pemilih tersebut karena tingkat kesadaraan masyarakat tinggi. Tingginya partisipasi pemilih tersebut tidak lepas dari peran semua pihak, KPU hingga jajaran tingkat desa-desa serta segenap relawan demokrasi pemilu, calon legislatif, partai politik, dan masyarakat ikut menyosialisasikan pemilu," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Untuk partisipasi pemilih DPD RI juga tinggi mencapai 87,62 persen, DPRD provinsi 87,57 persen. Kemudian partisipasi pemilih untuk DPRD Kabupaten Temanggung daerah pemilihan (dapil) I mencapai 87,59 persen, dapil II 88,57 persen, dapil III 87,57, dapil IV 89,03 persen, dapil V 86,8 persen, dan dapil VI 85,82 persen.

Faktor yang mempengaruhi tingginya partisipasi pemilih juga dikarenakan budaya masyarakat Temanggung yang kepadatan sosialnya masih tinggi. Jadi ketika ada warga mencoblos maka warga yang lain ikut mencoblos. "Di Jawa Tengah, untuk kategori kabupaten sepertinya Temanggung paling tinggi," tandasnya.


(M Abdul Rohman/CN39/SM Network)