• KANAL BERITA

Mendesak, Pangkalan Truk di Kecamatan Kaliori

Sejumlah truk tengah parkir di sebuah pangkalan truk di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kota baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)
Sejumlah truk tengah parkir di sebuah pangkalan truk di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kota baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka.com - Komisi A DPRD Rembang mengusulkan pembangunan pangkalan truk di pantura Kecamatan Kaliori. Pembangunan pangkalan truk itu diharapkan bisa menekan truk yang parkir sembarangan di sepanjang jalan pantura yang berujung kecelakaan.

Ketua Komisi A, Mohammad Asnawi, mengaku usulan merupakan aspirasi masyarakat saat menggelar dengar pendapat untuk pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Parkir di Kabupaten Rembang.

''Kami tindak lanjuti dengan mengakomodasi usulan tersebut dalam salah satu pasal di Raperda tentang Parkir yang tengah kami godog,'' terang dia.

Dia menambahkan usulan tersebut realistis, mengingat saat ini sebagian besar pangkalan truk berada di wilayah timur. Pangkalan truk di wilayah timur itu satu di antaranya di Desa Sendangas, Kecamatan Lasem dimiliki Pemkab Rembang. Beberapa pangkalan lainnya diusahakan oleh warga sendiri.

''Sementara di wilayah barat, belum ada satu pun pangkalan truk, sehingga memicu parkir liar di sepanjang jalan pantura Kecamatan Kaliori,'' tegas dia.

Komisi A menilai keberadaan truk yang parkir sembarangan di jalan pantura Kecamatan Kaliori kerap kali memicu kecelakaan fatal. ''Kalau truk dimasukkan ke dalam pangkalan seperti di wilayah timur, kami berharap kecelakaan bisa ditekan,'' jelas Ketua Komisi A ini.

Asnawi mengaku, untuk mengurangi beban anggaran Pemkab Rembang, pihaknya akan mengusulkan pembangunan pangkalan truk di wilayah barat itu dengan mengandeng pihak ketiga.

''Pengusahaan pangkalan truk di wilayah Kaliori ke depan kami harap tidak hanya mengandalkan pembiayaan dari Pemkab saja. Namun bisa saja dengan mengandeng pihak ketiga. Atau bahkan mungkin dilakukan oleh swasta murni. Itu juga akan kami pertimbangkan,'' kata politikus PKB dari Kecamatan Sumber ini


(Mulyanto Ari Wibowo/CN40/SM Network)