• KANAL BERITA

PMI Batang Serahkan Bantuan Kepada Korban Musibah Kebakaran

Kepala Markas PMI Batang, Kusnadi (paling kiri), usai menyerahkan bantuan melakuan foto bersama Camat Blado, Kusnoto dan keluarga korban. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Kepala Markas PMI Batang, Kusnadi (paling kiri), usai menyerahkan bantuan melakuan foto bersama Camat Blado, Kusnoto dan keluarga korban. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang bersama Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyerahkan bantuan kepada Carmadi (63) warga Desa Kalipancur RT 01/RW 02 Kecamatan Blado, yang mengalami musibah kebakaran, Rabu (15/05).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua PMI Batang, Achmad Taufiq, yang diwakili Kepala Markas, Kusnadi kepada anak korban, Sakiman (44). Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai, sembako, selimut, faily kit dan lainnya.

“Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian PMI kepada korban yang sedang tertimpa musibah. Meskipun jumlah bantuan tidak seberapa, namun diharapkan dapat mengurangi beban korban dan keluarga, dan semoga segera bangkit kembali untuk menjalani hidup seperti biasa,” kata Kusnadi.

Sebagaimana diberitakan (suaramerdeka.com, Selasa malam, 14/5), rumah milik korban (Carmadi), ludes terbakar, Saat itu, korban sedang menakar bensin dari jerigen untuk dipindahkan ke botol. Tiba-tiba lidah api yang berasal dari nyala lilin, langsung menyambar. Api dengan cepat berkobar membakar rumah seisinya. Pemilik rumah menyalakan lilin, karena sejak sore di desa tersebut mengalami mati lampu. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa malam (14/5) sekitar pukul 18.45 WIB.

Para tetangga langsung berhamburan datang untuk memberikan pertolongan. Api yang berkobar berhasil dipadamkan, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi musibah. Akibat peristiwa tersebut, rumah yang juga berfungsi sebagi toko kelontong milik korban, termasuk dua unit sepeda motor dan barang dagangan, ludes dilalap si jago merah.

Api juga menyambar atap dan plafon tempat pengimaman Masjid Nurul Hikmah yang berdekatan dengan rumah korban. Kerugian materi dalam musibah tersebut ditaksir sebesar Rp.350 juta, dan tidak ada korban jiwa. Namun demikian, Carmadi, pemilik rumah, harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka bakar di lengan kiri dan bagian lain tubuhnya, karena tersambar api.

Sementara itu, Camat Blado Kusnoto, mengatakan turut prihatin atas bencana kebakaran yang menimpa warganya. “Kita berusaha mengusulkan bantuan kepada korban. Antara lain kita ajukan bantuan Rumah Tangga Layak Huni (RTLH), juga dari Baznas dan sumber lainnya,” katanya.


(Kasirin Umar/CN40/SM Network)