• KANAL BERITA

UIN Sunan Kalijaga Jalin Kerjasama dengan Sepuluh Perguruan Tinggi China 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr H Waryono, MAg dan Mr Yu Da usai menandatangani LoL di Gedung Prof Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Senin (13/5). (Foto : suaramerdeka.com/dok)
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr H Waryono, MAg dan Mr Yu Da usai menandatangani LoL di Gedung Prof Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Senin (13/5). (Foto : suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta, menjajaki kerjasama dengan Beijing Education Institute for International Exchange (BEIIE) yang ditandai penandatanganan Letter of Intent (LoL) oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr H Waryono, MAg dan Mr Yu Da di Gedung Prof Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Senin (13/5).

Penandatangan kerjasama yang dilakukan General Manager BEIIE Mr Yu Da ini, disaksikan langsung oleh 10 perwakilan perguruan tinggi yang ada di Republik Rakyat Cina (RRC). Kerjasama ini menghasilkan gagasan kegiatan pengembangan akademik dikedua belah pihak.

Dalam kerjasama itu ada kesepakatan riset gabungan antar perguruan tinggi, mengirim dosen untuk studi lanjut program doktor, pertukaran mahasiswa dan guru besar serta penguatan profesorisasi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

General Manager BEIIE Mr. Yu Da menyampaikan, rasa senangnya bisa menjalin dan menciptakan kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Salah satunya terkait penelitian bersama antar perguruan tinggi atau pertukaran mahasiswa. ''Kita sudah menyiapkan beberapa nama kampus untuk bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut,'' katanya.

''Persyaratan administrasi kami sesuaikan dengan kebijakan kampus yang akan dituju untuk kegiatan penelitian atau pertukaran mahasiswa. Untuk itu, nanti kita ada penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antar instansi,'' tambah Yu Da menjelaskan.

Sementara itu, Zhang Jianhua Vice President Jiangsu Food and Pharmaceutical Science College menjelaskan bahwa 47 mahasiswa Indonesia ada di kampus ini. Mereka belajar dan hidup bahagia. ''Di antara mereka juga bisa belajar masakan Cina, dan setiap tahunnya kami mengirim mahasiswa dan dosen untuk program pertukaran pelajar atau guru besar,'' ucap Zhang Jianhua.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr H Waryono, MAg mengatakan, keinginannya untuk ke depan LoI bisa direalisasi dalam bentuk MoU. Karena UIN Suka ingin menjalin kerjasama bidang riset, pertukaran mahasiswa dan guru besar, beasiswa program doktor untuk dosen dan penguatan program guru besar.

''Dosen UIN Suka sudah ada satu yang menempuh studi doktor di Cina, kita berharap makin bertambah dosen yang belajar ke sana,'' tutur Waryono. Beberapa wakil perguruan tinggi di Cina yang berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga, diantaranya Jiangsu Food and Pharmaceutical Science College, Wuhan Institute of Shipbuilding Technology, Hebei College of Industry and Technology.

Kemudian Jiangsu Vocational College of Medicine, Suzhou Art & Design Technolgy Institute, Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College, Nanjing Vocational Institute of Industry Technology, Nanjing Polytechnic Institute, Changzou Vocational Institute of Mechatronic Technology dan Jiangsu Vocational College of Agriculture and Forestry.


(Sugiarto/CN19/SM Network)