• KANAL BERITA

Giling Tebu 630 Ribu Ton Dimulai

Dirut Bulog, Budi Waseso menghadiri selamatan musim giling tebu PT GMM yang dimeriahkan grup barongan Blora di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kamis (25/4). (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Dirut Bulog, Budi Waseso menghadiri selamatan musim giling tebu PT GMM yang dimeriahkan grup barongan Blora di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kamis (25/4). (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Pabrik Gula (PG) PT Gendhis Multi Manis (GMM) Blora menggelar selamatan menyambut musim giling tebu 2019, Kamis (25/4). Sebanyak 630 ribu ton tebu rakyat ditargetkan digiling selama 170 hari.

‘’PT GMM sangat yakin musim giling tahun ini bisa merealisasi target giling 630 ribu ton tebu,’’ ujar General Manager PT GMM, Bambang Subekti, pada acara selamatan giling 2019 di Pabrik PT GMM di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan.

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, dan Bupati Blora, Djoko Nugroho, hadir dalam tradisi penanda awal musim giling tebu 2019.

Subekti mengatakan, untuk merealisasikan target itu, selain diperlukan kerja keras jajaran PG PT GMM dan penerapan teknologi baru, juga mampu menjaga rendemen tebu yang baik dengan kisaran angka sembilan sampai 10 persen.

Karyawan juga dituntut kerja keras dan petani terus meningkatkan produksi tebu melalui inovasi, teknologi penamanam dan pemanenan tebu.

Dirut Bulog Budi Waseso mengemukakan, PT GMM merupakan salah satu pabrik gula terbaik di Indonesia. Dia berharap PT GMM bisa menjadi salah satu pabrik pendukung ketahanan gula nasional.

‘’PT GMM ini pabrik modern, pabrik berkualitas. Terbaik di Indonesia. Saya ingin dari Blora ini bisa menjadi milik semua. Saya akan pamerkan pabrik ini,’’ ujar  mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri tersebut.

Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, berharap agar masyarakat Blora lebih giat lagi untuk menanam tebu. Pemerintah berkomitmen akan berupaya menyerap hasil panen tebu petani dengan maksimal.

‘’Saya berharap Bupati Blora dan kepala daerah lain bersinergi menambah lahan tebu,’’ kata Budi Waseso.

Prosesi selamatan musim giling tebu di PT GMM Blora dimeriahkan parade pengantin tebu dan seserahan tebu. Penampilan grup barongan Blora makin menyemarakkan acara. Dalam selamatan iu juga diserahkan penghargaan GMM Award 2019 kepada petani dan sejumlah pihak yang ikut mensukseskan produksi gula


(Abdul Muiz/CN40/SM Network)