• KANAL BERITA

Kejati Berikan Kesempatan Sama Kepada Perempuan

foto: suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur
foto: suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka.com - Melihat peringatan Hari Kartini setiap 21 April, yang akhir-akhir ini kurang memiliki greget. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng, Sadiman SH MH, mengajak seluruh jaksa dan pegawai tata usaha di lingkungan Kejaksaan Tinggi bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Asisten di 35 kab/kota merayakan Hari Kartini dengan mengenakan pakaian adat nusantara.

"Mudah-mudahan para perempuan tergugah kembali semangatnya meniru perjuangan RA Kartini karena tanpa beliau, perempuan Indonesia sampai saat ini mungkin hanya sebatas konco wingking, hanya sebatas pelengkap rumah tangga," kata Sadiman, sela-sela peringatan Hari Kartini di lingkungan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kamis (25/4).

Setelah ada perjuangan RA Kartini kedudukan perempuan sama dengan laki-laki, terutama di bidang pendidikan. Diskriminasi gender, sudah tidak ada lagi dan kini wanita Indonesia bebas berkarya menjadi seperti yang diinginkannya.

"Termasuk dalam jabatan, saat ini sudah banyak perempuan menjadi bupati, wali kota, menteri dan bahkan di negara kita sudah pernah mempunyai presiden perempuan. Saya berharap ke depan, ada Jaksa Agung dari perempuan, selama ini menurutnya belum ada," tuturnya.

Saat ini ada tujuh perempuan yang menjabat Kajari di Jawa Tengah, sebelumnya ada sembilan dari 35 kabupaten/kota. Menurutnya semua jaksa dan pegawai di lingkungan Kejati Jateng, diberi kesempatan yang sama untuk meningkatkan karirnya, tidak kalah dari laki-laki.


(Puthut Ami Luhur/CN40/SM Network)