• KANAL BERITA

Operasi Pasar Stabilkan Harga Bawang Putih

Sejumlah petugas menurunkan bawang putih untuk kegiatan operasi pasar Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Tegal.     (suaramerdeka.com/Wawan)
Sejumlah petugas menurunkan bawang putih untuk kegiatan operasi pasar Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Tegal. (suaramerdeka.com/Wawan)

TEGAL, suaramerdeka.com - Pemkot Tegal melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Tegal berupaya menekan harga bawang putih menjadi kisaran Rp 30.000/kilogram, melalui operasi pasar. Saat ini harga bawang bawang putih mencapai Rp 40.000 - Rp 50.000/kilogram.

Menurut Kabid Perdagangan, Wineksi Dwi Prabandari, operasi pasar bawang putih digelar di sejumlah pasar di Kota Tegal, Kamis (25/4). Operasi pasar digelar serentak di seluruh Indonesia oleh Kementerian.

Untuk wilayah Kota Tegal mendapat 7 ton bawang putih tiga pasar di Kota Tegal selama satu hari. Yakni, dengan harga satu karung bawang putih, berisi 19 kilogram dengan harga Rp 380.000.

"Operasi pasar ini diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat untuk dapat membantu kebutuhan bawang putih," katanya.

Pihaknya mengimbau para pedagang, setelah operasi pasar, bisa menjual sesuai dengan harga eceran maksimal Rp 30.000/kilogram. Selain itu, operasi pasar, pihaknya juga akan terus memantau harga bawang putih di sejumlah pasar untuk memastikan harga bawang putih sudah stabil.

"Kami sudah memberikan imbauan kepada pengelola pasar supaya memberikan pemberitahuan kepada para pedagang supaya menjual sesuai harga yang ditentukan," tandasnya.


(Wawan Hudiyanto/CN42/SM Network)