• KANAL BERITA

Perkembangan Apartemen di Yogyakarta Cukup Signifikan

Apartemen Taman Melati Yogyakarta. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Apartemen Taman Melati Yogyakarta. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sejak beberapa tahun terakhir ini, perkembangan pembangunan apartemen di Yogyakarta berkembang cukup signifikan. Pengembang yang awalnya fokus di Jabodetabek, kini mulai membidik daerah perkembang seperti Yogyakarta sebagai Kota Pelajar dan daerah tujuan investasi.

Hunian apartemen yang sebelumnya identik dengan kota besar, kini sudah mulai merambah ke kota menengah seperti Yogyakarta. Keberadaan apartemen, khususnya apartemen mahasiswa memang telah menjadi fenomena tersendiri.

Perubahan kebiasaan mahasiswa milenial, yang membutuhkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, memunculkan apartemen mahasiswa yang dibangun disekitar kampus-kampus ternama mulai bermunculan.

Salah satu pengembang yang gencar melakukan investasi dan pengembangan apartemen kampus, adalah PT Adhi Persada Properti (APP). Anak perusahaan PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini, telah membangun apartemen mahasiswa Taman Melati Yogyakarta  Sinduadi yang letaknya dekat Kampus Univresitas Gadjah Mada Yogyakarta.

''Apartemen Taman Melati Yogyakarta, kita bangun 15 lantai dengan jumlah kamar 899 unit,'' kata Damar Yanda Pawitan, Project Director Taman Melati Yogyakarta @ Sinduadi dan Dhika Universe Sardjito, Kamis (25/4).

''Jumlah tersebut masih ditambah 12 unit komersial, 4 ruko dan 2 kios, jadi total ada 922 unit,'' tambah dia.

Dikatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini APP menjadi perusahaan pengembang yang gencar mengembangkan apartemen mahasiswa. Beberapa apartemen mahasiswa yang telah dan sedang dibangun, antara lain Taman Melati Margonda di dekat Kampus Universitas Indonesia di Depok.

Kemudian Taman Melati Jatinangor di dekat Kampus Universitas Padjajaran di Jatinangor, Taman Melati Surabaya MERR yang berdekatan dengan Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Taman Melati Yogyakarta @ Sinduadi dekat dengan Kampus UGM.

''Beberapa proyek yang masih dalam tahap pembangunan, adalah Dhika Universe Yogyakarta Sardjito, serta yang berada di dekat Kampus Universitas Brawijaja, Malang,'' ujar Damar menjelaskan.

Pulung Prahasto, Direktur Teknik dan Pengembangan USaha (PT Adhi Persada Properti mengatakan, Yogyakarta menjadi daerah pertama bagi perusahaannya untuk mengembangkan dua proyek sekaligus.

''Setelah kami mengembangkan Taman Melati Yogyakarta @ Sinduadi, kami mengembangkan Dhika Universe. Keduanya, berdekatan dengan UGM,'' katanya.

Melihat adanya potensi mahasiswa yang setiap tahun datang ke Yogyakarta, serta ekonomi masyarakat Yogyakarta yang juga terus berkembang, ia optimis bahwa proyek kedua ini bakal menarik minat mahasiswa milenial maupun para investor untuk menanamkan modalnya.

Buktinya, dari jumlah total 899 unit yang tersedia 90 persen sudah terjual. Bahkan, serah terima sudah hampir selesai dilakukan. Kalaupun masih ada tinggal beberapa unit saja, yang jelas target tahun ini ludes terjual.


(Sugiarto/CN42/SM Network)