• KANAL BERITA

Pengelola Museum Vredeburg Targetkan 3 Ribu Pengunjung

Pekan Pendidikan Jogja 2019

Kepala Pengelola Museum Benteng Vredeburg, Suharja (kanan) dan Kepala LPMP DIY Dr Sarjila (dua dari kiri) bersama pegawai UPT Kemendikbud di DIY bersiap memberikan keterangan terkait Pekan Pendidikan Jogja 2019 di Benteng Vredeburg Jogja, Kamis (25/4).(suaramerdeka.com/Gading Persada)
Kepala Pengelola Museum Benteng Vredeburg, Suharja (kanan) dan Kepala LPMP DIY Dr Sarjila (dua dari kiri) bersama pegawai UPT Kemendikbud di DIY bersiap memberikan keterangan terkait Pekan Pendidikan Jogja 2019 di Benteng Vredeburg Jogja, Kamis (25/4).(suaramerdeka.com/Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Museum Benteng Vredeburg Jogja menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Pendidikan Jogja 2019, 1-4 Mei mendatang. Selama gelaran tersebut, pengelola pun menargetkan tiga ribu pengunjung setiap harinya bakal datang ke museum tersebut.

“Sebagai tuan rumah jelas kami mendapatkan impact dari acara tersebut. Digelar empat hari setidaknya setiap harinya kunjungan akan dua kali lipat lebih banyak dibanding kunjungan hari-hari biasanya,” kata Kepala Pengelola Museum Benteng Vredeburg, Suharja, pada awak media saat pers rilis Kegiatan Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Pekan Pendidikan Jogja 2019 di museum setempat, Kamis (25/4).

Suharja menyebut, jika pihaknya menargetkan dua kali lipat kunjungan perharinya maka pada pelaksanaan Pekan Pendidikan Jogja nanti setidaknya perhari, museum tersebut bakal dikunjungi sekitar 3 ribu pengunjung.

“Rata-rata kunjungan setiap harinya itu ada sekitar 1.500 orang. Untuk 2018 saja sepanjang tahun kemarin tercatat ada 457 ribu orang yang datang ke museum kami. Maka dengan kami menjadi tuan rumah ini setidaknya pasti mengangkat jumlah kunjungan juga. Apalagi selama empat hari tiket masuk kami gratiskan kecuali mereka yang datang rombongan dari luar kota tetap harus membayar,” ungkapnya.

Pelaksanaan Pekan Pendidikan Jogja 2019 kali ini setidaknya diikuti 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan DIY.  Ketua Panitia Kegiatan Dr Sarjila menyebut, sebelasa UPT itu terdiri dari PPPPTK Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya, LPMP DIY, Museum Benteng Vredeburg, Balai Bahasa, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Arkeologi, Balai Pelestarian Nilai Budaya, BP-PAUD dan Dikmas serta SEAMEO QITEP in Mathematics.

“Rencananya dan sudah dipastikan Mendikbud Prof Dr Muhajir Effendy akan membuka langsung kegiatan pada 1 Mei nanti. Kami mengundang juga Menteri Koordinator PMK Puan Maharani untuk hadir pada acara pembukaan,”sambung Sarjila yang juga Kepala LPMP DIY itu.

Sejumlah rangkaian kegiatan sudah disiapkan panitia selama empat hari penyelenggaraan. Seperti adanya jalan santai kolosal berupa napak tilas Ki Hajar Dewantoro yang diikuti perwakilan pegawai 11 UPT serta pembacaan filosofi dari Ki Hajar Dewantoro.

“Banyak kegiatan lainnya. Nanti Bapak Mendikbud juga akan mengawali acara dengan mencanting bersama sekitar seratus pelajar SD dalam sesi membatik massal pada kain sepanjang 200 meter,” tandas dia.


(Gading Persada /CN42/SM Network)