• KANAL BERITA

Pameran Pendidikan Tinggi Sarana Informasi Memilih Kampus yang Tepat

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com – Sebagai sarana agar calon mahasiswa benar-benar memahami perguruan tinggi yang akan dipilih untuk meneruskan studinya, dengan menggelar pameran pendidikan yang diikuti oleh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Amsar SH MM menyatakan, pemilihan yang tepat bukan hanya memilih program studi yang diinginkan tetapi juga bagaimana output lulusannya.

“Jateng ini memiliki potensi yang luar biasa, ada 362 perguruan tinggi yang terdiri 84 perguruan tinggi agama, 15 perguruan tinggi kedinasan, sembilan perguruan tinggi negeri dan 257 perguruan tinggi swasta. Dari sekian banyak perguruan tinggi itu, kami ingin mengiformasikan kepada masyarakat melalui sarana ini, untuk mengetahui yang sudah terakreditasi atau tidak, bermutu atau tidak,” kata Amsar saat pembukaan “Jateng Campus Update 2019” di Gedung Wanita Semarang, Selasa (23/4).

Harapannya dengan Jateng Campus Update ini sambungnya, memberikan informasi dan pemahaman kepada calon-calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi di Jateng. Pada pameran ini perguruan tinggi yang berpartisipasi tidak hanya dari Jawa Tengah, tetapi juga ada dari Jakarta, Surabaya, Bogor, Bali. Sedangkan dari Jawa Tengah ada tiga perguruan tinggi negeri dan 60 perguruan tinggi swasta yang berpartisipasi.

Ketua Pelaksana Pameran “Jateng Campus Update 2019” Buyung Fajri Zairin menyatakan, pameran ini digelar karena menangkap kebutuhan dari pihak kampus dan masyarakat. Menurutnya setiap kampus membutuhkan program promosi, bagaimana perguruan-perguruan tinggi menawarkan program studi baru atau yang menjadi andalannya. “Kami berusaha mempertemukan perguruan tinggi dan calon mahasiswa, dengan interaksi dan tatap muka,” tambahnya.

Menurutnya interaksi tatap muka, sangat berpengaruh pada pemilihan program studi atau jurusan pada suatu universitas yang dipilih untuk meneruskan pendidikan. Ia berharap, siswa SMA atau SMK yang akan melanjutkan studi dapat mengunjungi kegiatan yang digelar dari Selasa (23/4) sampai dengan Kamis (25/4) sehingga tidak merasa salah memilih program studi di sebuah perguruan tinggi.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)