• KANAL BERITA

Saatnya, UKM Fokus ke Pasar Global

Sejumlah pemateri saat memberikan paparan dalam seminar HIPO di Hotel Safin. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)
Sejumlah pemateri saat memberikan paparan dalam seminar HIPO di Hotel Safin. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka.com - Himpunan Pengusaha Online (Hipo) terus mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) membangun jaringan pemasaran yang menjangkau pasar global melalui media online. Sudah saatnya UKM fokus pasar global dan tidak terjebak pasar lokal.

Achmad Muzaidun, bendahara DPD Hipo Jateng, mengatakan hal itu saat mengisi seminar di Hotel Safin Selasa (23/4). Untuk mendorong langkah UKM, Hipo telah menyiapkan berbagai program jaringan.

‘’Produk para pelaku UKM itu akan kami brandingkan dan masukkan merchant yang telah kami siapkan. Bahkan bila perlu kami beri merek Hipo agar dapat laku di pasaran,’’ kata pria yang juga dewan pembina Hipo Pati.

Dengan bergabung ke Hipo, dia menyebut masyarakat bisa belajar berkarier. Yakni dengan memberikan donasi untuk dikembangkan di unit usaha. Dari pengembangan itu bisa mendapatkan bagi hasil untuk meningkatkan kesejahteraan.

‘’Ada juga banyak subsidi yang akan diberikan dengan progam donasi tersebut,’’ tambahnya.

Meski baru dibentuk 22 Desember 2018 lalu, namun kini untuk DPC Hipo Pati sedikit sudah 300 anggota terdaftar. Jumlah itu diprediksinya dapat terus bertambah. Dalam setahun ini saja ditargetkan ada ribuan anggota untuk di Kabupaten Pati saja.

‘’Proses edukasi itu nantinya akan kami gelar sosialisasi atau seminar akbar setidaknya untuk satu bulan sekali. Bahkan kami menargetkan ada pengurus baik di tingkat PAC atau bahkan hingga ke ranting atau desa-desa,’’ tambahnya.

Pengurus DPP Hipo, Budi Suroyo menambahkan, Hipo sengaja dibentuk untuk berkonsentrasi mendorong UKM dalam menghadapi era digital 4.0. Menurutnya produk lokal harus bisa mendunia. Terlebih Indonesia sangat kaya dengan ide kreatif pengelolaan UKM.

‘’Namun sekarang ini kendala pemasaran yang kerap menerpa pelaku UKM tersebut. Mereka belum mengerti bagaimana di pasar global karena hanya fokus di pasar lokal. Padahal tinggal goyang jari sudah bisa memasarkan di dunia. Yakni lewat media online,’’ terangnya.

Hipo kini memiliki produk pendukung untuk para pelaku UKM tersebut. Seperti mall online, forum jual beli, merchant yang semua itu terkoneksi dengan media online dan aplikasi. ‘’Semua itu kami berikan secara gratis bagi para anggota,’’ tambahnya.


(Beni Dewa/CN40/SM Network)