• KANAL BERITA

Praktisi Digital Marketing Siap Rewiew Produk Potensial

Seminar Technopreneurship

Kabid Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi (PHI) Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo (tengah) menjelaskan cara kerja alat panggang otomatis hasil lomba Krenova 2018 kepada Kepala Balitbang, Arif Barata Sakti dan staf. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
Kabid Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi (PHI) Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo (tengah) menjelaskan cara kerja alat panggang otomatis hasil lomba Krenova 2018 kepada Kepala Balitbang, Arif Barata Sakti dan staf. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Untuk kali pertama, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang menghadirkan seminar nasional dan workshop wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship). Spesialnya, seminar ini untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta inovator.

Rabu (24/4) besok menjadi hari spesial itu bagi pelaku UMKM dan inovator. Bertempat di Hotel Atria Magelang, workshop mendatangkan praktisi digital marketing tingkat nasional, Laksita Utama Suhud yang tidak hanya mengisi seminar, tapi juga mereview beberapa produk potensial.

“Narasumber akan mereview produk potensial dan memberikan masukan dalam konteks pemasaran, pengemasan, harga, dan lainnya,” ujar Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti di kantornya, Selasa (23/4).

Dia menuturkan, seminar ini merupakan sub kegiatan pada forum Jaringan Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan IPTEK Balitbang tahun anggaran 2019. Sekaligus wujud komitmen Pemkot Magelang dalam memperhatikan usaha kecil menengah serta memfasilitasi kapasitas UMKM dalam penguasaan teknologi, pasar, dan penguatan jaringan usaha.

“Kami targetkan 100 peserta ikut dalam seminar ini, mereka berasal dari kalangan usahawan yang didominasi dari UMKM dan inovator di Kota Magelang,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi (PHI) Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyomenambahkan, review dan masukan dari praktisi tersebut diharap dapat meningkatkan kualitas produk, sehingga lebih mudah diterima pasar. 

“Harapan kami para peserta UMKM dan pelaku inovasi dapat meningkatkan kapasitas, kualitas, dan kuantitas produk. Sehingga, mempu menembus pasar baik lokal, nasional bahkan global,” tuturnya didampingi Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan IPTEK, Yetty Setianingsih.

Catur menilai, seminar dan workshop yang baru pertama kali diadakan di Kota Sejuta Bunga ini merupakan komitmen Pemkot Magelang memajukan UMKM, inventor dan inovator Krenova 2018-2019.

“Kami juga akan mengundang Balitbang Provinsi Jawa Tengah dan lembaga yang membidangi litbang se-Karesidenan Kedu. Mereka akan memberikan semangat dan gaung positif bagi dunia litbang di Kota Magelang,” ungkapnya.


(Asef Amani/CN42/SM Network)