• KANAL BERITA

Gadis Bisu dan Tuli Bercita-Cita Buka Usaha Sendiri

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Anissa Restu Dewi (21) sejak lahir hingga mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sudah menyandang bisu tuli namun tetap semangat dalam mengarungi kehidupan. Gadis penyandang bisu tuli ini,  setiap hari Sabtu dan Minggu bisa dijumpai di Objek Wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta.

Sejak Maret hingga Mei 2019 nanti, Anissa bersama beberapa teman kuliahnya tiap Sabtu dan Minggu selalu buka stan melayani pengunjung yang ingin dilukis wajah atau anggota badannya. Layanan gratis face & body painting itu banyak disukai anak-anak dan remaja. Meski banyak juga ibu-ibu yang minta digambar wajahnya.

Sebelum digambar, biasanya pengunjung disuruh memilih lukisan apa yang disukai. Di situ sudah ada contoh gambar, seperti kupu-kupu, kucing, dan hewan lucu lainnya. Dan, hanya butuh waktu kurang dari lima menit, lukisan yang dipesan sudah menghiasi di wajah maupun badan pengunjung.

Anissa yang paling menonjol kemampuannya dalam melukis wajah mengaku sejak kanak-kanak dirinya sudah gemar menggambar. Karenanya tak heran saat duduk di bangku SLB Negeri 1 Bantul, ia menjuarai Lomba Kompetensi Siswa Nasional 2017 di Bandung. ''Saya waktu itu mengikuti lomba dengan merias wajah diri saya sendiri,'' ujar Anissa, saat dijumpai di stan GL Zoo, kemarin.

Ia menuturkan, prestasinya dalam melukis itu berkat dukungan ibunya, Ning Dyah. ''Mama selalu pesan agar saya selalu tampil berani. Jangan takut dan malu pada orang lain yang normal, biar banyak teman,'' jelas Anissa dengan bahasa isyarat.

Meski penyandang bisu dan tuli, dirinya mengaku bangga dengan kekurangannya itu. ''Temen-temen kuliah selalu bantu saya lewat gambar atau tulisan kalau saya tidak jelas diterangkan dosen,'' tutur mahasiswi UNY angkatan 2017 yang  diterima lewat jalur prestasi ini.

Anissa bercita-cita, kelak kalau sudah lulus kuliah akan berwiraswasta, buka usaha salon dan spa. Agar cita-cita tersebut bisa tercapai, maka Anissa tak henti-hentinya belajar dan terus belajar.


(Sugiarto/CN19/SM Network)