• KANAL BERITA

20.000 Petani Tembakau Siap Ramaikan Slametan Wiwit Bako Mesti Bhumi Phala

Foto: istimewa
Foto: istimewa

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Pemkab Temanggung akan menggelar acara 2.000 tumpeng di Alun-alun setempat. Kegiatan tersebut menandai awal masa tanam tembakau 2019. Hal itu disampaikan Bupati Temanggung, M Al Khadziq.

Dia mengatakan, kegiatan yang mengusung nama Slametan Wiwit Bako Mesti Bhumi Phala 2019 akan berlangsung 27 April 2019. Sebanyak puluhan ribu petani tembakau se-kabupaten Temanggung akan memeriahkan kegiatan ini.

"Sebelumnya kegiatan ini sering digelar masyarakat desa. Tetapi kali ini kita pusatkan di Alun-alun Temanggung," kata M Al Khadziq.

Menurutnya, hingga ini sudah ada sekitar 20.000 petani yang akan hadir dan sebanyak 2.000 tumpeng partisipasi dari masyarakat telah terdaftar. "Mereka membawa tumpeng sendiri-sendiri beserta keluarganya, dan nanti ada doa bersama yang dipimpin KH Hasyim Afandi," tambahnya.

Dijelaskannya, latar belakang kegiatan ini, karena beberapa tahun terakhir kondisi pertembakauan di Temanggung kurang menggembirakan. "Saya sudah komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat pertembakauan dan kesimpulan saya semua elemen itu harus duduk jadi satu, harus membangun tekat bersama-sama untuk memperbaiki kondisi pertembakauan di Temanggung yang menurut saya sudah berlangsung akut," ungkapnya.

 


(Red/CN40/SM Network)