• KANAL BERITA

Pemkot Depok Tanggung Biaya Pengobatan Bocah Penderita Gizi Buruk

Foto: istimewa
Foto: istimewa

DEPOK, suaramerdeka.com - Pemerintah Kota Depok pastikan tanggung biaya pengobatan bocah penderita gizi buruk, Akhrima Thalita Ailah. Bocah tersebut sebelumnya ditemukan terkulai lemah di rumahnya, kawasan Beji.

Lewat Dinas Kesehatan, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, bahkan menginstruksikan kepada petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk memberikan pelayanan maksimal kepada Thalita. Thalita masih diawasi langsung oleh tim dokter anak dan ahli gizi.

“Saya ingin menyampaikan pesan Pak Wali Kota untuk memberikan perhatian yang besar kepada balita asal Beji ini. Insya Allah selama perawatan, orangtuanya tidak perlu khawatir. Sebab, kami sudah menjamin menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Depok selama rawat inap di RSUD Depok. Jadi tidak akan dipungut biaya,” kata Kepala Dinas Komunikasi Kota Depok, Sidik Mulyono, pada Sabtu (20/4).

Proses administrasi terhadap Thalita dijamin sepenuhnya oleh Pemkot Depok melalui pembiayaan jaminan miskin diluar kuota PBI atau jaminan kesehatan dengan mekanisme Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD.

Direktur RSUD Depok Asloe’ah Majdri menuturkan, tim medis sudah memberikan perawatan terbaik untuk bocah malang itu dengan mengerahkan ahli gizi dan dokter spesialis anak.

Thalita, katanya, dirawat di RSUD Depok sejak Selasa pagi, 16 April. Saat itu kondisinya sudah lemas. Namun setelah ditangani dengan intensif, balita ini mulai mau makan, dan asupan gizinya mulai dijaga.

Selain berat badan yang kurang, yakni hanya sekira 5,9 kilo gram, Thalita itu juga memiliki penyakit penyerta seperti TB paru. Pengobatan penyakit ini juga dilakukan dengan intensif oleh tim dokter.


(VVN/CN40/SM Network)