• KANAL BERITA

Bank Dunia Harus Punya Keunggulan Kompetitif Dibanding Lembaga Lain

Foto: AFP Photo
Foto: AFP Photo

WASHINGTON DC, suaramerdeka.com – Tiga langkah prioritas yang perlu dijalankan oleh David Malpass, Presiden Grup Bank Dunia (World Bank Group) yang baru terpilih, disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat menjadi salah satu pembicara dalam Joint Seminar Bretton Woods Committee and Center for Global Development.

Beberapa hal tersebut, menurutnya perlu diputuskan karena membawa pengaruh besar bukan hanya kepada staf Bank Dunia tetapi juga kepada seluruh pemangku kepentingan. Menkeu mengungkapkan sebagai klien Bank Dunia, dirinya senang pimpinan Bank Dunia peduli terhadap isu korupsi.

“Saya melihat global public goods akan sangat penting. Isu perubahan iklim, dan bagaimana Bank Dunia bisa bekerjasama dengan semua klien karena Bank Dunia adalah bank yang memiliki karakteristik unik. Klien-klien sendiri punya kerjasama dengan negara multilateral lain,” tandasnya.

Pesan Menkeu selanjutnya untuk Bank Dunia adalah Bank Dunia harus punya keunggulan kompetitif dibanding lembaga lain. Bank Dunia adalah bank untuk dunia yang artinya perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih dalam menangani klien.

“Sebagai klien saya selanjutnya bisa bertanya misal ketika akan melakukan reformasi pajak. Dengan pengalaman bukan hanya Asia namun juga dunia. Saya bisa mendapatkan best lesson. Kalau saya bertanya tentang social safety nett, apa yang harus saya lakukan dan best practice negara mana yang harus saya ikuti?”. Bank Dunia dinilai memiliki pengetahuan dan pengalaman global bukan hanya di negara berpendapatan rendah namun seluruh negara.

Sebagai penutup,  Menkeu menyampaikan tiga hal utama yang perlu dijaga oleh Bank Dunia yaitu tata kelola, model bisnis, dan sumber daya. “Kalau kita tidak konsisten dengan tata kelola, model bisnis model dan sumber daya, maka akan sulit dalam mencapai tujuan. Tiga hal ini yang utama harus dilakukan oleh Bank Dunia”.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)