• KANAL BERITA

Seru! Emak-emak ‘’Kartini’’ Lomba Mancing

LOMBA MANCING : Emak-emak Desa Bantrung, Desa Batealit berlomba mancing dengan memakai kebaya ala Kartini. (suaramerdeka.com / Pandhang Pranoto)
LOMBA MANCING : Emak-emak Desa Bantrung, Desa Batealit berlomba mancing dengan memakai kebaya ala Kartini. (suaramerdeka.com / Pandhang Pranoto)

JEPARA, suaramerdeka.com – Emak-emak Desa Bantrung, Kecamatan Batealit, berkebaya, lengkap dengan riasan ala Kartini berlomba memancing di sungai itu yang ditebar 100 kilogram lele. Bersama warga, 48 pemancing emak-emak, seru-seruan beradu ketangkasan dalam memainkan kail di sungai.

Afifah, perempuan paruh baya itu, sengaja ikut lomba memancing berhadiah kambing itu.  ‘’Saya senang mengikuti acara ini, wong sebagai pengingat ibu Kartini. Paling tidak biar tidak stres memikirkan pekerjaan sehari-hari," ujar mandor pabrik furnitur itu.

Kepala Desa Bantrung Muhammad Zuhri mengatakan, ajang itu digelar usai pemilu 2019. Selain bertujuan memperingati hari Kartini, lomba juga untuk melepaskan ketegangan antarwarga.

"Kan kemarin habis coblosan, siapa tahu di antara mereka ada yang beda jagoan, kemudian ada gesekan. Maka dengan lomba pancing ini, diharapkan dapat mempersatukan warga lagi," tutur dia.

Dirinya menyebut, setiap emak-emak yang ikut serta dalam kompetisi ini berasal dari perwakilan RT. Tiap Rukun Tetangga kemudian membiayai mereka untuk dapat berdandan di salon.


(Red/CN26/SM Network)