• KANAL BERITA

Solidaritas Notre Dame, Semua Lonceng di Katedral Prancis Dibunyikan

Foto: reuters
Foto: reuters

PARIS, suaramerdeka.com - Sebagai bentuk keprihatinan atas kebakaran yang menghanguskan Gereja Notre-Dame di Paris pada awal pekan ini, lonceng katedral di seluruh Prancis dibunyikan pada Rabu (17/4) kemarin. Hal itu bertepatan dengan saat si jago merah melalap sebagian bangunan Notre-Dame yang berusia 850 tahun itu.

Seperti diungkapkan konferensi Waligereja Prancis, semua lonceng katedral nasional akan berbunyi sebagai bentuk 'solidaritas untuk keuskupan Paris'. "Katedral kami tercinta sedang tumbang, tetapi dia akan hidup lagi . Itu akan bangkit kembali," kata Uskup Agung Paris, Michel Aupetit, dalam misa di gereja Saint-Sulpice.

Kebakaran Notre-Dame sangat menggemparkan dunia, karena merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang juga menjadi saksi bisu Perang Dunia II. Presiden Prancis Emmanuel Macron berkomitmen untuk membangun kembali Notre-Dame dalam waktu lima tahun.

Prancis membuka peluang bagi arsitek dunia mengajukan proposal desain bangunan untuk menggantikan menara katedral yang runtuh.


(CNN/CN26/SM Network)