• KANAL BERITA

Konsumen Cerdas Pacu Peningkatan Daya Saing Produk

foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya
foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya agar menjadi konsumen yang cerdas dan nantinya akan berkolerasi dalam peningkatan daya saing produk.

Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah, Arif Sambodo mengatakan, pihaknya mengajak konsumen menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi Indonesia.

Sehingga diharapkan pelaku usaha terdorong memproduksi dan memperdagangkan barang atau jasa yang berkualitas dan berdaya saing di era globalisasi.

"Kalau tingkat kesadaran konsumen rendah produsen akan seenaknya dalam membuat barang sehingga daya saing akan rendah juga. Harapan Harkonas yang mengambil tema saatnya konsumen Indonesia berdaya ini mengajak konsumen untuk cerdas. Sehingga secara langsung bisa meningkat daya saing produk," katanya, di kantornya, Kamis (18/4).

Untuk tingkat pengaduan konsumen, jelas Arif, secara nasional masih rendah belum mencapai 45 persen dari target 45 persen. Sehingga terus dilakukan sosialisasi agar konsumen mengetahui saluran dalam melakukan pengaduan.

Sementara itu peringatan Harkonas tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 akan dilaksanakan tanggal 28 April 2019 bertempat di Halaman Kantor Disperindag Jawa Tengah. Acara akan diisi dengan senam dan kirab bersama komunitas, persatuan hotel, swalayan dan IFC serta game menarik.

Di acara puncak Harkonas tingkat nasional yang dilaksanakan Rabu, 20 Maret 2019 di Halaman Lapangan Gasibu Bandung, Jawa Barat yang dibuka oleh Menteri Perdagangan RI, provinsi Jawa Tengah secara empat kali beturut-turut mendapatkan peringkat terbaik dari lima provinsi di Indonesia atas keberhasilan sebagai pemerintah daerah yang peduli terhadap perlindungan konsumen.


(Cun Cahya/CN40/SM Network)