• KANAL BERITA

Jaga Kebersihan, Panti Asuhan Dorong Program 5R

Anak panti mencoba menyeterika pakaian dengan bimbingan dari perwakilan PT Wings pada pelatihan 5 R di Panti Asuhan  Marganingsih, Lasem, Minggu (7/4). (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Anak panti mencoba menyeterika pakaian dengan bimbingan dari perwakilan PT Wings pada pelatihan 5 R di Panti Asuhan Marganingsih, Lasem, Minggu (7/4). (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

LASEM, suaramerdeka.com - Untuk meningkatan kualitas Panti Asuhan (PA) terutama pada bidang sumber daya manusia penghuni panti, Djarum Foundation bersinergi dengan PT Wings Surya mendorong program 5R. Program pelatihan tersebut yakni ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin yang digalakkan di Panti Asuhan Marganingsih, Lasem, Minggu (7/4)

Tak kurang 45 anak-anak panti putra, putri dan pengurus diberikan teori serta praktik cara membersihkan lantai, kaca, kamar mandi, mencuci pakaian serta cara menyeterika pakaian agar rapi.

Program Associate Bakti Sosial Djarum Foundation, Ivana Lie mengatakan, kegiatan 5R lebih menekankan pada sikap dan perilaku anak-anak panti untuk disiplin serta berkesinambungan peduli terhadap kebersihan dan merawat sarana rumah panti.

''Pelatihan 5R adalah salah satu edukasi bagi peningkatan kualitas penghuni panti dan termasuk SDM-nya agar sadar serta peduli dalam menjaga kebersihan serta merawat sarana dan prasarana panti asuhan,'' papar Ivana.

Pihaknya mengatakan, dengan menjaga kebersihan, sekaligus membangun mental pribadi yang sadar serta bertanggung jawab berdisiplin dalam menjaga kebersihan dan merawat rumah panti, akan menimbulkan kenyamanan dalam belajar. ''Tentunya ini hal yang positif dalam meningkatkan anak-anak panti menambah semangat dalam belajar dan meraih prestasi,'' jelasnya.

Sementara itu, Head of Training Development PT Wings, Indra Karianto menambahkan, bahwa kerja sama pelatihan 5R di panti telah dibangun sejak awal tahun 2016. Yang meliputi tiga kota di Jateng, yaitu PA di Kudus, Solo dan Lasem. Program 5R sebetulnya adalah program yang sudah umum dilakukan diperusahaan atau lembaga dalam meningkatkan kepribadian dan budaya kerja yang baik.

''Namun kami membuat lebih baik dan tersusun sistematikanya, dalam membentuk kepribadian anak, kakak, pembina serta pengelola panti. Kami optimistis ada progress yang positif. Karena selain ada pemantaun selama enam bulan kedepan. Juga kami mem-follow up dengan tetap mengunjungi pada waktu tertentu, ''terang Indra, di sela memberikan pelatihan kepada anak PA Marganingsih, Lasem.

Pihaknya juga melombakan 5R dalam kehidupan keseharian anak-anak panti untuk meningkatkan memotivasi. ''Ini semacam penyemangat anak-anak panti, kami adakan lomba. Makanya setelah enam bulan setelah pelatihan kami tindak lanjuti salah satunya  melakukan lomba kebersihan. Harapannya setelah enam bulan mereka bisa mandiri dan program 5 R sudah menjadi kebiasaaan hidup mereka sehari-hari,'' jelas Indra.

Penanggungjawab Panti Asuhan Marganingsih, Lasem, Suster Maria Athanasia SND sangat mendukung program 5R yang dilakukan di panti asuhan. Hal ini karena selain menambah pengalaman, ilmu juga menerapkan kedisiplinan anak-anak panti.

''Misalnya kalau dinding kamar mandi kotor susah dibersihkan, maka dengan pelatihan tersebut akan ada solusinya. Yaitu apakah dengan bahan pembersih yang memang bermutu baik atau anak-anak sudah mampu melakuan caranya karena sudah dibekali keterampilan,'' ujarnya.


(Irawan Aryanto/CN40/SM Network)