• KANAL BERITA

Tamasha Brio Himpun Uang Rp 540 Juta Tiap Bulan

Pemenang hadiah utama Honda Brio undian Tamasha Brio 1 BPR Weleri Makmur, Pankrasia Ismu Devantari Ressi Miryanti (kanan), warga Klaten. (Foto suaramerdeka.com/dok)
Pemenang hadiah utama Honda Brio undian Tamasha Brio 1 BPR Weleri Makmur, Pankrasia Ismu Devantari Ressi Miryanti (kanan), warga Klaten. (Foto suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Untuk meningkatkan penyaluran dana kredit ke masyarakat, lembaga perbankan juga harus mempunyai dana yang besar di mana dihimpun dari masyarakat. Berbagai cara dilakukan, satu di antaranya dengan memberikan program tabungan berkala berhadiah, seperti yang dilakukan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Weleri Makmur Semarang.

Menurut Kepala Seksi Pengembangan Bisnis BPR Weleri Makmur Muhammad Sri Tulus, tabungan berkala berhadiah merupakan satu dari sekian banyak program Tabungan Masyarakat Berhadiah (Tamasha). Untuk Tamasha Brio yang berhadiah utama satu mobil Honda Brio ini, nasabah diharuskan menabung setiap bulan dengan nominal Rp 300 ribu selama tiga tahun yang dimulai pada April 2016 lalu.

“Setiap bulan kami bisa mengumpulkan dana Rp 540 juta dari program Tamasha Brio 1, dengan jumlah nasabah 1.800 orang. Program Tamasha Brio 1 ini sudah berakhir dan kami membuka program Tamasha Brio 2 dengan target 2.000 nasabah,” kata Sri Tulus yang juga menjadi Ketua Panitia Acara Pengundian Brio 1 di Balairung Upgris Semarang, Minggu (24/3).

Ia menambahkan, BPR Weleri Makmur selama satu tahun lalu dari Desember 2017 sampai dengan Desember 2018 berhasil menghimpun dana dari pihak ketika sebesar Rp 331,9 miliar, menyalurkan kredit sampai dengan Rp 316,5 miliar dan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 15,3 miliar. Secara keseluruhan aset yang dimiliki BPR ini mengalami kenaikan 5,66 persen atau sebesar Rp 412,7 miliar dari periode sebelumnya.

Untuk pengundian Tamasha Brio 1, diikuti oleh seluruh nasabah BPR Weleri Makmur pusat di Semarang dan enam cabang lainnya Weleri, Kudus, Surakarta, Klaten, Sragen dan Tegal yang telah membuka Tabungan Berkala. Dari hasil undian, pemenang merupakan nasabah warga Klaten yaitu Pankrasia Ismu Devantari Ressi Miryanti. Sedangkan dua hadiah sepeda motor Honda Vario 125 masing-masing dimenangkan oleh Masduki dan Lion Tjeng Hian yang keduanya merupakan warga Semarang.

“Selain hadiah utama berupa sebuah mobil Honda Brio, ada hadiah lainnya berupa dua sepeda motor, uang puluhan juta rupiah dan hadiah hiburan yang bernilai puluhan juta rupiah. Selain setiap bulannya kami juga menggelar undian berhadiah untuk nasabah tabungan berkala,” tambahnya.

Untuk Tamasha Brio 2 yang akan digelar pada April 2019 mendatang, pihaknya sudah membuka pendaftaran nasabah yang berminat. Pendaftaran dimulai tiga bulan sebelum periode baru dimulai dan ketika target 2.000 nasabah sudah terpenuhi maka akan ditutup. Setiap bulannya nasabah diharuskan menyetor Rp 300 ribu sebelum tanggal 10 dan jika terlambat atau menunggak maka jika namanya keluar saat pengundian bulanan hadiah akan dibatalkan.

“Nasabah juga tidak bisa menambah atau mengambil uangnya, jika dalam tiga bulan berturut-turut tidak menyetor uang. Mereka baru bisa mengambil uang ketika periode tabungan sudah habis,” tuturnya.

Selama tiga tahun tersebut, peserta tabungan berkala juga tidak bisa mengambil uangnya. Kecuali masih kata dia, nasabah memenangkan undian bulanan maka uang yang sudah dikumpulkan akan dikembalikan sepenuhnya.

 


(Puthut Ami Luhur/CN19/SM Network)