• KANAL BERITA

Desa Margorejo Masuk Tiga Besar BBGRM

Foto: istimewa
Foto: istimewa

PATI, suaramerdeka.com - Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati terpilih masuk dalam nominasi tiga besar Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya Margorejo akan bersaing dengan Kebumen dan Kendal untuk berebut juara.

Desa Margorejo mewakili Kabupaten Pati maju pada tahapan akhir lomba tinjauan lapangan yang menitik beratkan pada sikap kegotong royongan. Tim penilaian provinsi Jawa Tengah mendatangi desa tersebut untuk melakukan penilaian dan verifikasi secara langsung, baru-baru ini.

Kepala Desa Margorejo, Nabiyanto mengatakan, dalam lomba itu beberapa instrumen harus dipenuhi. Di antaranya nilai-nilai gotong royong yang diterapkan di desanya. Seperti sedekah bumi, kelembagaan di pemerintahan desa, dan wujud konkret dari gotong royong.

Beberapa tahapan penilaian antara lain seleksi, administrasi, paparan dan penilaian lapangan. Pada tahapan administratif Desa Margorejo masuk 8 besar. Selanjutnya pada tahapan presentasi atau paparan terkait instrumen-instrumen kegotongroyongan.

Pada akhirnya, mampu lolos menjadi nominasi tiga besar dan selanjutnya tahap penilaian lapangan untuk menentukan juara.

‘’Dalam nominasi tiga besar ini kami harus bersaing dengan dua kabupaten lain yaitu Kebumen dan Kendal. Kami berharap untuk tahap penilaian lapangan bisa memberikan nilai yang baik, sehingga mendapatkan hasil yang terbaik,’’ imbuhnya.

Dia menyebutkan pembuatan irigasi yang melibatkan masyarakat, menjadi contoh konkret wujud dari kegotongroyongan itu. Sebab, ada pelibatan masyarakat desa dalam penganggaran yang dibuat oleh pemerintah desa.

‘’Juara bukanlah hal utama. Yang paling penting adalah nilai kegotongroyongan yang sampai saat ini masih dijalankan oleh warga,’’ ujarnya.


(Beni Dewa/CN40/SM Network)