• KANAL BERITA

Pelni Jadwalkan Pelayaran ke Karimunjawa Seminggu Sekali

Tingkatkan Kunjungan Wisata Bahari 

 Suasana acara Lounching Let's Go Karimunjawa di Kapal Lawit. (Foto suaramerdeka.com/Yulianto).
Suasana acara Lounching Let's Go Karimunjawa di Kapal Lawit. (Foto suaramerdeka.com/Yulianto).

SEMARANG, suaramerdeka.com - Untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan prima kepada para wisatawan khususnya baik domestik maupun mancanegara berwisata bahari ke Karimunjawa, PT Pelni (persero) kini dapat memberangkatkan penumpang satu kali dalam seminggu. Sehingga masyarakat yang akan menyeberang ke Karimunjawa melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan KM Lawit dan KM Kelimutu yang dijadwalkan berlayar setiap hari Jumat ke Karimunjawa. 

"Pelni akan terus mendukung iklim pariwisata di Jawa Tengah ke berbagai destinasi wisata bahari di Indonesia, termasuk ke Karimunjawa, dengan dua kapal. Yakni KM Lawit dan KM Kelimutu dengan  sistem shift yang memiliki jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setiap hari Jumat pukul 00.00 (tengah malam). Dan akan tiba di Karimunjawa Sabtu pagi, "terang Solikhul,  Executive Agent PT Pelni, didampingi Kapten kapal Komarudin saat Acara lounching Pelni Let' s Go Karimunjawa 2019 di Kapal KM Lawit, Jumat (22/3).

Dijelaskan Solikhul, pihaknya telah menyiapkan beberapa kegiatan yang akan meramaikan kunjungan pariwisata di Karimunjawa. Salah -satunya yakni dengan menggelar event bertajuk Let's Gowes di Karimunjawa menggunakan kapal Pelni. 

"Event ini adalah yang keempat kalinya kami selenggarakan. Dan tahun depan semoga bisa menjadi event internasional. Sedangkan untuk promo yang ditawarkan wisata bahari di Karimunjawa yaitu paket dua hari,  satu malam. Dimana satu hari keliling pulau hoping island, dan setengah hari berikutnya menikmati pulau besar Karimunjawa mind island, karena kapal Lawit, bertolak lagi siang harinya ke Semarang,"imbuh Solikhul.

Adapun harga tiket PP Kapal Lawit Semarang dengan tujuan Karimunjawa, lanjut dia sebesar Rp 225 ribu dan mendapatkan tiga kali makan di kapal. Sedangkan untuk penumpang yang akan menginap di kamar kelas 2 dikenakan biaya sebesar Rp 530 ribu, dan biaya Rp 600 ribu untuk kamar kelas 1. 

Kepala Pelni Cabang Semarang Suprihatin, menyatakan pihaknya mendukung kegiatan kepariwisataan agar Karimunjawa bisa menjadi salah -satu tujuan destinasi wisata pilihan baik dari masyarakat jateng maupun luar jateng. Yakni dengan memberikan beberapa paket wisata bahari untuk wisatawan. 

"Kedepan kami akan memberikan pelayanan khusus kepada wisatawan yang menggunakan kapal Pelni, seperti sepanjang dalam perjalanan diisi full music. Lalu,  muncul juga ide baru untuk masyarakat umum bisa meniru mengenakan seragam kru atau perwira kapal saat menikmati makan lengkap dengan memakai topi,"katanya.  

Diharapkan dengan adanya pelayanan dan promosi tersebut ditargetkan jumlah penumpang kapal tahun ini naik dari jumlah tahun sebelumnya. Yakni sebanyak 20 ribu wisatawan,  dari tahun sebelumnya yang sudah mencapai 12 ribu wisatawan. 

"Kapal ini memiliki kapasitas 920 penumpang. Kapal bikinan Jerman, lebih safety, dengan panjang kapal sekitar 100 meter dan bisa atasi jika terkena ombak cukup besar, sehingga tidak perlu dikhawatirkan oleh turis,"terang Suprihatin.


(Yulianto/CN19/SM Network)