• KANAL BERITA

Infrastruktur Digenjot, Kinerja PT Len Industri Moncer

PT Len Industri / Wikimapia
PT Len Industri / Wikimapia

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gencarnya sejumlah proyek infrastruktur yang digelar pemerintah memberikan dampak positif bagi kinerja PT Len Industri (Persero) sepanjang 2018. Proyek-proyek itu di antaranya dari LRT hingga "Tol Langit".

Demikian Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri, Priadi Ekatama Sahari di sela-sela penanaman 15.000 bibit pohon kopi di Desa Mekarsari Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jumat (22/3).

“Kita selesaikan tahun 2018 dengan sangat baik. Tahun 2018, Len Industri membukukan pendapatan sebesar Rp 5,3 triliun atau meningkat 25,5 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 4,25 triliun. Sedangkan laba bersih tercapai Rp 133 milyar atau meningkat 117% dari tahun 2017 yang sejumlah Rp 61 milyar,” jelas Eka.

Menurut dia, lini bisnis sistem transportasi masih memberikan kontribusi dominan menyumbangkan 68 persen total pendapatan perseroan. Lini lainnya bisnis ICT sebesar 13,4 persen, elektronika pertahanan sebesar 9,82 persen, renewable energy sebesar 6 persen, serta sistem navigasi sebesar 1,4 persen.

Dijelaskan, capaian hasil positif tersebut merupakan buah manis keselarasan antara lini bisnis Len Industri dengan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dicanangkan oleh pemerintah, khususnya dalam bidang transportasi dan telekomunikasi.

Hal tersebut, jelasnya, memberikan angin segar terhadap peluang pertumbuhan pasar untuk lini bisnis tersebut. Terealisasinya sinergi antar BUMN selama tahun 2018 juga mulai memperkuat kekompakan serta keselarasan dalam mendukung program pembangunan infrastruktur.

Indikasinya adalah keberhasilan penyelesaian proyek-proyek strategis secara tepat waktu, yakni LRT Sumatera Selatan dan Sky Train Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sinergi tersebut juga membuka peluang tindak lanjut kerjasama penyelesaian proyek sejenis di wilayah kota-kota besar lainnya, bahkan untuk level internasional.

Selain itu, proyek strategis berjalan lainnya yang dijalankan adalah LRT Jabodebek, LRT Jakarta, serta Proyek Palapa Ring Paket Tengah yang belum lama ini sudah beroperasi. “Tol Langit” tersebut, yakni Palapa Ring yang menghubungkan 17 kota dan kabupaten di Indonesia Bagian Tengah ini sudah dimanfaatkan Telkom dan Lintasarta.

Menyikapi tahun politik, diharapkan tak terlalu berpengaruh terhadap performa perseroan.

"Tahun politik tidak boleh menjadi halangan, namun harus dijadikan sebagai peluang secara profesional untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan. Opportunity baik regional maupun global, bisnis operation and maintenance, serta bisnis investasi masih akan mewarnai kinerja tahun 2019," jelasnya.


(Setiady Dwi/CN42/SM Network)